Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

MotoGP 2022, Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Diyakini Kelar Minggu Depan

Berita Otomotif

MotoGP 2022, Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Diyakini Kelar Minggu Depan

JAKARTA - Pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika untuk menggelar MotoGP 2022 dipercaya selesai sesuai target, bahkan mungkin sebelumnya.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria menjelaskan trial atau uji coba pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika sudah dimulai Rabu (2/3/2022) . Ini dilakukan untuk menjajal metode atau rumusan campuran aspal yang sudah dibuat.

Sekadar mengingatkan, usai tes pramusim MotoGP 2022 pada 11-13 Februari kemarin, Dorna Sport serta FIM mewajibkan Sirkuit Mandalika diaspal ulang sebelum menggelar seri kedua MotoGP musim ini pada 18-20 Maret mendatang.

Pasalnya, aspal Sirkuit Mandalika banyak terkelupas ketika dilibas motor-motor superkencang para pebalap MotoGP.

Berbagai pihak pun sekarang kejar tayang mengerjakannya.

“Tadi malam sudah dimulai dengan simulasi pencampuran aspal, batu-batuan, dan agregat untuk menentukan metode dan rumus campuran aspal mana yang akan dipakai,” ucap Priandhi dalam konferensi pers virtual hari ini.

“Pagi ini rencananya dilakukan simulasi di beberapa bagian untuk melihat kekuatan daya rekat, kelengketan, kemudian berbagai standar lainnya,” lanjut dia.

Setelah trial, aktivitas pengaspalan ulang kemudian dilakukan pada 4-8 Maret. Adapun trek yang diaspal kembali adalah dari tikungan 17 sampai tikungan 5.

Bersamaan dengan itu, aktivitas-aktivitas untuk mempercantik sirkuit juga dilakukan. Misalnya saja pengecatan di berbagai sektor.

“Diskusi saya dengan teman-teman di lapangan, mereka sangat yakin dengan progres sekarang ini bahwa (pengerjaan) total akan selesai sebelum 10 Maret. Namun, targetnya adalah 10 Maret di mana (sirkuit) akan diserahterimakan lagi kepada kami,” pungkas Priandhi.

Alasan Sirkuit Mandalika Terkelupas dan Harus Diaspal Ulang

Menurut Priandhi, ada beberapa kemungkinan sebab aspal Sirkuit Mandalika terkelupas saat dipakai tes pramusim MotoGP 2022. Nomor satu karena faktor permukaan lintasan yang berdebu saat pertama diaspal karena banyaknya pembangunan di sekitarnya.

Kedua akibat banyaknya deposit-deposit kecil, butir-butir pasir halus yang membuat aspal tidak bisa kontak penuh dengan lapisan di bawahnya.

Kemungkinan lainnya ialah karena faktor kelembaban akibat air tanah yang naik sebelum, saat, atau sesudah pengaspalan pertama.

“Kemudian bisa juga karena faktor pencucian bahan baku (kurang maksimal--Red) yang menyebabkan masih adanya butir-butir debu, butir-butir halus pasir,” jelas dia. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang