Morbidelli Kewalahan Karena Kelamaan di Honda

Berita Otomotif

Morbidelli Kewalahan Karena Kelamaan di Honda

BARCELONA – Franco Morbidelli dikatakan mengalami kesulitan dalam mengembangkan potensi bersama Yamaha YZR-M1 karena terbiasa dengan Honda.

Seperti telah diwartakan sebelumnya, Morbidelli pasrah tidak bisa bersaing dengan pembalap lainnya karena motornya paling pelan. Yamaha yang dikenal berbagai masalah seperti kecepatan dan handling, kalah dibandingkan kompetitornya seperti Honda, Suzuki apalagi Ducati.

Lebih jauh, Morbidelli menggunakan Yamaha YZR-M1 spek-B. Jika dibandingkan dengan tiga pengguna Yamaha lainnya seperti Fabio Quartararo, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, Morbidelli menunggangi motor paling lemah.
Morbidelli
Morbidelli mengalami peningkatan musim ini dibandingkan sebelumnya. Pembalap jebolan VR46 Academy ini mampu memenangkan balapan di Misano beberapa waktu lalu. Kemenangan tersebut langsung mengangkat mental sang pembalap.

“Kami bangga dengan Franky karena berhasil mengembangkan diri di tahun keduanya. Dia mengalami nasib buruk, namun ketika berhasil mengatasi masalahnya, dia langsung melejit. Dia menunjukkan perkembangan dan kami merasa bangga dengan pole positionnya di Barcelona,” ucap Razlan Razali, Prinsipal tim Petronas Yamaha.

Kelemahan motor Morbidelli terlihat jelas di MotoGP Catalunya 2020 pekan lalu. Mengawali balapan dari posisi terdepan, perlahan namun pasti Ia disusul oleh kompetitornya sehingga finish di luar podium. Hasil tersebut membuatnya pasrah dan enggan memikirkan gelar meskipun memiliki peluang.
Morbidelli Kelamaan pakai Honda
Namun di balik kelemahan motornya, Razali mengatakan bahwa pembalapnya tersebut masih belum terbiasa menggunakan Yamaha. Masa lalunya bersama pabrikan lain membuatnya sulit untuk beradaptasi. Morbidelli juga dikatakan merasa tertekan karena rekan satu timnya bisa tampil lebih baik.

“Franky merasa diremehkan karena Fabio lebih berprestasi padahal dia merupakan paling dewasa. Karena latar belakangnya di Honda, jadi dia butuh waktu lebih lama untuk bisa terbiasa dengan Yamaha,” tutur Razali seperti dikutip Speedweek.com.

Morbidelli musim depan akan berpasangan dengan gurunya di VR46 Academy yakni Rossi. Persaingan kedua pembalap disinyalir akan sengit. Namun yang patut ditunggu adalah prestasi tim Petronas Yamaha musim depan. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar