Honda Indonesia: Penjualan Mobilio Turun Sesuai Ekspektasi Kami

Berita Otomotif

Honda Indonesia: Penjualan Mobilio Turun Sesuai Ekspektasi Kami

JAKARTA – Honda Mobilio turun cukup dalam penjualannya selama Januari – Oktober 2018, namun sang pabrikan bersikap kalem dengan mengatakan performa negatif tersebut masih sesuai perkiraan mereka.

Data penjualan wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperlihatkan bahwa penjualan Mobilio turun 29,67 persen pada 10 bulan pertama 2018, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year). Pada Januari – Oktober tahun ini distribusi Mobilio dari pabrikan ke dealer hanya mencapai 21.951 unit, sedangkan pada rentang waktu sama di 2017 volumenya mencapai 21.951 unit.

“Tahun ini sesuai ekspektasi kami dan tren pada tiga bulan ke belakang ada kenaikan,” ucap Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT. Honda Prospect Motor (HPM) kepada Mobil123.com melalui pesan singkat pada Rabu (5/12/2018).

Melesunya gerak-gerik Mobilio di pasar terjadi saat kompetisi di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) makin ganas sejak 2017. Kondisi tersebut tidak dibantah oleh Jonfis.

Pasalnya, di Agustus tahun itu, muncul pemain baru bertambah dengan hadirnya Mitsubishi Xpander serta Wuling Confero. Keduanya menantang pemain-pemain lama seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio.

Xpander amat fenomenal hingga sempat mengambil alih status mobil terpopuler Indonesia dari tangan Avanza selama Januari – September 2018, sebelum disalip lagi oleh Avanza pada Oktober. Wuling, di sisi lain, berhasil menjual 8.460 unit Confero pada 10 bulan pertama meski merupakan pemain baru asal China.

Pada April 2018 Ertiga juga tampil baru melalui generasi keduanya. Nanti, Januari 2019, giliran dua pemain kuat AvanzaXenia yang dikabarkan bakal merilis versi facelift dan menjanjikan pertarungan lebih seru di segmen LMPV. Bahkan, Wuling terindikasi juga sedang bersiap menyegarkan Confero tahun depan.

Honda sendiri terakhir kali memperbarui Mobilio pada Januari 2017. Ketika itu, Mobilio mengalami ubahan minor (facelift).

Mobilio kini terdiri dari tipe S M/T (Rp 193 juta on-the road Jakarta), E M/T (Rp 213, 5 juta), E CVT (Rp 224,5 juta), E Prestige (Rp 228,9 juta), RS M/T (Rp 236 juta), RS CVT (Rp 247 juta). Kontributor utama penjualan adalah S M/T dengan volume 6.189 unit (28,19 persen) disusul E CVT dengan 5.438 unit (24,77 persen). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support