Mobil Tua Lebih Beresiko Minta Tumbal

Berita Otomotif

Mobil Tua Lebih Beresiko Minta Tumbal

WASHINGTON, D.C - National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menemukan fakta bahwa mobil baru memiliki tingkat keselamatan yang lebih baik dibanding mobil tua.

Dalam analisisnya, mereka, seperti diwartakan Carscoops baru-baru ini, menemukan bahwa jumlah fatalitas yang dialami seluruh penumpang pada mobil tua lebih tinggi ketimbang mobil baru. Itu artinya, jumlah kematian pada penumpang mobil tua akan lebih besar ketimbang mobil baru.

“Kami mendorong pembeli mobil untuk memilih kendaraan yang bisa memenuhi gaya hidup, keuangan dan kebutuhan berkendara ditambah asuransi untuk investasi mereka pada keselamatan,” ungkap Heidi King , NHTSA Deputy Administrator.

NHTSA pun menyebut bahwa mobil tua adalah mobil yang dibangun sebelum tahun 2012 sementara mobil baru dibangun mulai 2012 hingga sekarang. Mereka juga mengkategorikan beberapa tahun pembuatan yaitu 2013–2017, 2008–2012, 2003–2007, 1998–2002, 1993–1997, 1985–1992 serta 1984 dan sebelumnya.

Data yang paling terlihat adalah ketika membandingkan kendaraan berusia relatif muda dengan mobil tua. 55 persen kecelakaan fatal (seorang penumpang meninggal dalam 30 hari setelah kecelakaan) terjadi pada kendaraan yang dibuat sebelum tahun 1985. Sebaliknya, hanya 26 persen kecelakaan fatal yang terjadi pada mobil buatan tahun 2013-2017.

“Jumlah orang yang mengalami cedera pada kecelakaan fatal di mobil tua lebih besar. Jadi bila Anda ingin menjual mobil tua anda dengan yang lebih baru, fitur keselamatan harus menjadi perhitungan utama,” ungkas King. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual