Mobil Tua ini Berhasil Tempuh Rute Jakarta-Timor Leste

Berita Otomotif

Mobil Tua ini Berhasil Tempuh Rute Jakarta-Timor Leste

JAKARTA - Toyota Kijang generasi pertama berhasil menunjukkan ketangguhannya dalam melibas medan ekstrim di Indonesia.

Toyota Kijang 1980 atau akrab disebut Kijang Buaya mampu menunjukkan kemampuan yang sebenarnya di kegiatan touring TOC bertajuk “Beyond Beautiful Indonesia-Timor Leste”. Mobil legendaris ini miliki Deni Agus Himawan yang merupakan salah satu member Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI).

Deni mengaku berhasil membeli mobil bersejarah ini di Bandung meski memiliki kondisi yang sangat buruk. Namun karena kecintaannya terhadap mobil ini, beliau melakukan proses restorasi yang menghabiskan waktu kurang lebih 3-4 bulan.

“Saya mendapatkan mobil ini dengan kondisi rusak. Kemudian saya membangun ulang mobil ini sesuai dengan standarnya. Kalau soal biayanya, saya tidak bisa menyebutkan,” tutur Deny Agus Himawan, member TKCI.

Mesin Toyota Kijang 1980

Ketika mengikuti touring tahunan ini, Kijang Buaya mampu mengimbangi kemampuan Avanza-Veloz dan Sienta. Hanya berbekal mesin 1.2-liter dan rem tromol, mobil ini mampu melibas rute Jakarta-Dili tanpa halangan berarti.

Namun, Deni mengungkapkan sempat mendapatkan tantangan besar setelah melintasi Pulau Lombok. Lintasan ekstrim dengan tanjakan dan belokan yang curam mampu memberikan pengalaman tersendiri.

"Di Labuan Bajo pun sama kondisinya. Turunan, curam, belokan dan jalan rusak itu biasa. Setir Kijang Buaya ini tidak power steering, lho. Kekar tangan saya. Apalagi mobil ini sudah ada ABS alias Asal Bisa Stop,” tambah Didi sambil tertawa.

Ketika melintas di malam hari, Deni juga sempat mengalami kesulitan karena Toyota Kijang yang dikendarainya tidak memiliki lampu jauh. Ditambah dengan banyaknya hewan liar yang lalu-lalang sepanjang perjalanan.

“Selain kondisi beragam tersebut, kami juga sempat salah jalan karena kami mengandalkan GPS. Di beberapa daerah kami sempat nyasar, tapi akhirnya bisa kembali ke jalan yang benar. Pengalaman ini sungguh-sungguh seru,” tambah Deni.

Meski telah menempuh jarak total 8.000 km, Toyota Kijang 1980 ini mampu mencuri perhatian berbagai masyarakat. Bahkan ada masyarakat yang ingin membeli mobil legendaris ini ketika proses touring berlangsung.

“Banyak sekali yang menawar mobil saya. Bahkan ada yang menawar seharga Toyota Innova second atau sekitar Rp 300 jutaan. Tapi mobil ini tidak untuk dijual karena saya sangat suka Kijang Buaya ini,” tambah Deni. [Amo/Ari]



Amos Arya

Amos Arya

Penyuka otomotif yang ingin mengungkap keunikan dan keseruan seputar otomotif


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual