SUV Beresiko Lebih Besar Menyebabkan Pejalan Kaki Meninggal Dunia

Panduan Pembeli

SUV Beresiko Lebih Besar Menyebabkan Pejalan Kaki Meninggal Dunia

DETROIT - Mobil berjenis pick Up dan SUV ternyata memiliki resiko membunuh pejalan kaki di Amerika Serikat lebih besar ketimbang jenis mobil lain.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Detroit Free Press dan USA Today Network, kedua jenis kendaraan tersebut dua hingga tiga kali membunuh pejalan kaki saat kecelakaan dibanding kendaraan kenis lain. Pemerintah Amerika Sedikit diklaim sebenarnya sudah mengetahui hal tersebut namun tidak melakukan tindakan signifikan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Dikabarkan, jumlah pejalan kaki yang meninggal di Amerika Serikat sudah meningkat sebesar 46 persen sejak 2009 lalu. SUV pun diklaim menjadi mobil yang paling banyak membunuh pejalan kaki.

Pada 2016, SUV bahkan diklaim hampir membunuh 6.000 pejalan kaki. Detroit Free Press pun mengklaim 69 persen kecelakaan pejalan kaki di tahun 2009 – 2017 melibatkan mobil SUV.

Sebagian besar korban jiwa berada di kota-kota besar dan Detroit menjadi kota dengan total fatalitas tertinggi. Tercatat tingkat kematian pejalan kaki mencapai 34,5 orang per setiap 100.000 penduduk. Kota besar lainnya yang memiliki tingkat fatalitas tertinggi adalah Newark, Miami, Tampa, St. Louis dan Phoenix.

Penelitian ini pun membuat National Highway Traffic Safety Administration bicara. Mereka menyebut adanya hubungan penelitian ini dengan penellitian serupa yang dilakukan pada tahun 2015.

“Sekitar sepertiga pejalan kaki yang terluka karena SUV atau pickup tidak lepas dari meningkatkan jumlah kedua jenis kendaraan tersebut di jalanan. Namun pejalan kaki yang mengalami kecelakaan karena kedua jenis mobil tersebut kemudian meninggal dunia angkanya mencapai 40 persen. Ini artinya SUV dan pickup memang dapat menyebabkan luka lebih parah,” ungkap NHTSA.

Tingginya resiko kecelakaan pun menjadikan produsen otomotif untuk meningkatkan tingkat keselamatan mobil-mobilnya. Dengan demikian maka diharapkan jumlah korban meninggal akan dapat semakin ditekan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar