Mobil Superkencang Ini Dikabarkan Akan Muncul di Film Baru James Bond

Berita Otomotif

Mobil Superkencang Ini Dikabarkan Akan Muncul di Film Baru James Bond

LONDON - Mobil superkencang yang diproduksi Aston Martin konon bakal menjadi salah satu kendaraan James Bond di film terbaru mengenai agen rahasia Inggris ini.

Kendaraan itu, menurut laporan dari This Is Money baru-baru ini, adalah Aston Martin Valhalla. Akan tetapi, dalam artikel tersebut, belum ada konfirmasi atau permintaan tanggapan sekalipun dari sang pabrikan.

Namun, Andy Palmer, Chief Executive Officer Aston Martin, me-retweet laporan ini tanpa komentar sepatah kata pun. Karena itu, bisa saja isu itu benar.

James Bond merupakan tokoh fiksi ciptaan Ian Fleming. Penulis asal ‘Negeri Ratu Elizabeth’ yang lahir pada 1908 dan wafat pada 1964 itu sendiri diketahui pernah menjadi mata-mata bagi militer.

Film teranyar James Bond nantinya adalah yang ke-25 dan judulnya belum terungkap. Adapun film pertama ‘agen rahasia 007’ ini berjudul ‘Dr. No’ yang tayang di layar emas pada 1962 silam.

Lebih lanjut, Valhallla merupakan nama dari mobil konsep AM-RB 003. Penyebutannya sebagai ‘Valhalla’ telah diumumkan oleh Aston Martin beberapa waktu lalu.

Laporan menyebutkan bahwa secara total ada tiga model Aston Martin yang unjuk diri dalam film teranyar James Bond kelak. Di samping Valhalla, ada model klasik yang sudah sangat identik dengan sosok Bond yakni DB5 keluaran 1965. Adapun model selanjutnya adalah V8 Vantage

Menariknya, Valhalla saat ini sedang dalam tahap awal pengembangan. Syuting film termutakhir James Bond, di sisi lain, sedang berjalan.

Karenanya, jika kabar kemunculan Valhalla benar, sepertinya kita akan bisa melihat bagaimana perkiraan wujud versi produksi Valhalla. Sistem penggeraknya sendiri bisa jadi masih menggunakan milik model Aston Martin yang lain.

Valhalla sendiri sejak April lalu sudah dipastikan bakal menyandang mesin hybrid. Mesin bensinnya berkonfigurasi enam silinder (V6) serta dipersenjatai turbocharger.

Gelontoran tenaga dari mesin konvensional plus motor penggerak listrik digadang-gadang mencapai 1.000 hp. Sebagai penyalur tenaga dari sistem penggerak ke semua roda, dipilihlah transmisi delapan percepatan dual-clutch dengan limited-slip differential yang terinspirasi dari Formula One (F1).

Belum dijabarkan mengenai akselerasi maupun akselerasinya kelak. Namun, hampir bisa dipastikan bahwa angkanya nanti mencengangkan.

Soalnya, Valhalla digadang-gadang bakal menjadi kompetitor hypercar hybrid Ferrari yakni SF90 Stradale. Mobil ini didaulat sebagai yang tercepat dalam sejarah Ferrari dengan akselerasi 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu 2,5 detik dengan kecepatan puncak 354 km/jam.

Di Amerika Serikat, harga Valhalla dimulai dari 1,1 juta dollar AS (Rp 15,56 miliar) untuk versi standar. Cuma akan ada 500 unit di seluruh dunia dan pengiriman kepada konsumen dijadwalkan pada 2021. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar