Mobil Otonom Toyota di Olimpiade Tokyo Siap Tampil dalam GIIAS 2021

Berita Otomotif

Mobil Otonom Toyota di Olimpiade Tokyo Siap Tampil dalam GIIAS 2021

JAKARTA – Toyota akan memamerkan mobil otonom e-Pallete dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

E-Pallete, menurut keterangan resmi pada Jumat (5/11/2021), bakal dipajang di panggung utama (main stage) booth Toyota dalam pameran otomotif yang berlangsung pada 11-21 November di Serpong tersebut.

E-Pallete sendiri merupakan kendaraan otomatis tanpa sopir yang menjadi salah satu moda transportasi selama Olimpiade Tokyo 2020.

“Sebagai kendaraan otonom, e-Pallete merupakan kendaraan berteknologi canggih yang dapat memberikan solusi mobilitas masa depan dan telah dilengkapi dengan CASE (Connected, Autonomous, Share, Electric),” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

mobil otonom Toyota e-Pallete

Toyota membagi booth seluas 2.394 meter persegi menjadi lima area. Selain Main Stage Zone, ada Electrification Zone, Adventure Zone, Fun Factor Zone, dan Everyday Life Zone.

Electrification Zone berisi model-model hybrid, plug-in hybrid (PHEV), maupun mobil listrik murni. Satu di antaranya, model terbaru ialah Camry hybrid yang meluncur pada akhir Oktober 2021.

Zona ini, menurut Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto, adalah wujud dukungan terhadap pengembangan teknologi otomotif ramah lingkungan melalui kendaraan elektrifikasi yang telah menjadi kebijakan pemerintah.

Adventure Zone dan Fun Factor Zone merupakan bagian dari Zona Toyota GAZOO Racing (GR). Pengunjung bisa melihat GR Yaris, GR Supra, Raize GR Sport, Rush GR Sport, Agya GR Sport, dan lain-lain.

Adapun Everyday Life Zone memperlihatkan model-model konvensional semisal Toyota Kijang Innova, Toyota Calya, Toyota Sienta, dan lain-lain.

Secara total, terdapat 22 unit kendaraan yang dipajang mulai dari kendaraan penumpang dan kendaraan komersial.

booth Toyota di GIIAS 2021

“Bagi Toyota, GIIAS bukan hanya sekedar pameran otomotif untuk menampilkan produk-produk terbaru, namun juga menjadi kesempatan untuk bisa memperkenalkan lebih dekat lagi kepada masyarakat luas berbagai teknologi canggih yang dimiliki Toyota untuk menghadapi berbagai tantangan mobilitas yang semakin kompleks di masa mendatang,” pungkas Henry.

Sehari sebelum GIIAS 2021 sendiri, Toyota berencana meluncurkan All New Avanza dan All New Veloz di Indonesia. Ini akan menjadi Avanza generasi ketiga, sejak kemunculan perdananya di pasar otomotif pada akhir 2003 bersama-sama dengan ‘saudara kembarnya’ Daihatsu Xenia. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar