Mobil Otonom Dapat Tekan Biaya Parkir

Berita Otomotif

Mobil Otonom Dapat Tekan Biaya Parkir

SANTA CRUZ - Mobil otonom berpotensi untuk mengurangi biaya parkir kendaraan.

Boleh dikatakan, mobil otonom merupakan kendaraan masa depan yang snagat menjanjikan. Hal ini karena mobil otonom memiliki sejumlah fitur keselamatan yang terbilang sangat baik sehingga dapat mengurangi resiko kecelakaan.

Menariknya, mobil otonom tidak hanya memiliki fungsi keselamatan. Adam Millard-Ball, profesor studi lingkungan di University of California, Santa Cruz memperlihatkan keuntungan lain dari mobil otonon yaitu menghindari biaya parkir.

Menurutnya, akan lebih murah bagi pemilik mobil otonom untuk membiarkan kendaraannya berkeliling kota tanpa penumpang dibandingkan membayar parkir kendaraannya. Tak tanggung-tanggung, biaya yang dapat ditekan bisa mencapai $ 0,50 per jam bila dibandingkan parkir di kota besar seperti Los Angeles dan New York.

Namun tentunya pendapat tersebut masih dapat diperdebatkan. Hal ini karena dalam teori tersebut Ia meninggalkan beberapa resiko umum seperti terjadinya kecelakaan hingga kemacetan yang bisa berakibat hilangnya lebih banyak bahan bakar.

Mobil otonom juga sebenarnya sudah mulai banyak dilakukan ujicoba oleh sejumlah pabrikan di beberapa kota besar. Namun perkembangannya terbilang belum signifikan dibandingkan harapan masyarakat saat ini.

Hal ini karena sempat terjadi beberapa kali kecelakaan yang melibatkan mobil otonom sehingga membuat para pabrikan harus melakukan pengembangan baru. Pengembangan tersebut tentu terbilang penting agar mobil otonom benar-benar bisa menggantikan peran manusia saat mengemudi. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar