Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mesin Moge Kawasaki Dicangkok ke Mobil Retro, Ini Hasilnya

Berita Otomotif

Mesin Moge Kawasaki Dicangkok ke Mobil Retro, Ini Hasilnya

MILAN – Sebuah mobil mungil Italia klasik menjadi berubah karakternya secara total setelah mengalami pergantian mesin dengan milik motor besar (motor ‘gede’/moge) Kawasaki.

Mobil mungil Italia yang ‘dioperasi’ tersebut, seperti dikutip dari Carscoops, adalah Fiat Cinquento. Cinquento sendiri sudah berhenti diproduksi oleh Fiat sekitar 20 tahun lalu dan merupakan nenek moyang dari Fiat 500 versi modern.

Cinquento pada awal pekan ini terlihat dalam sebuah balapan di Sirkuit Castelletto di Branduzzo, Italia. Namun, sistem penggeraknya tentu saja sudah diganti.

Mesin berkapasitas kecil kepunyaan Cinquento yang pastinya bakal culun jika digunakan untuk kebut-kebutan dicopot. Penggantinya adalah mesin 1.441 cc milik Kawasaki Ninja ZX-14R keluaran 2012. Ini membuatnya mampu mencapai putaran mesin 12.000 rpm, dengan gelontoran tenaga 250 hp.

Tentu saja, modifikasi cukup ekstrem di berbagai sektor lain diperlukan. Di antaranya adalah membuat ruang bagi ban baru yang lebih lebar dan besar, penyematan knalpot baru, perubahan pada sisi fascia depan, hingga pergantian suku cadang khusus balap lainnya.

Interiornya pun dirombak habis-habisan. Hampir semua barang maupun aksesoris standar pabrikan dikeluarkan sehingga yang akhirnya tampak di kabin hanya kursi tunggal, kerangka pelindung (roll-cage), setir balap, plus panel instrumen standar.

Sayangnya, catatan waktu ‘monster’ Cinquento ini tidak diberitahukan. Kendati begitu, rasa-rasanya mobil tersebut sudah cukup asyik dibawa memacu adrenalin di atas sirkuit. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang