Daftar Mobil Hasil Rebadge Mazda, Ada yang Pernah Dijual di Indonesia

Berita Otomotif

Daftar Mobil Hasil Rebadge Mazda, Ada yang Pernah Dijual di Indonesia

JAKARTA - Mazda kembali melakukan rebadge atau melabel ulang salah satu model mobil dari merek lain. Upaya yang dilakukan oleh Mazda ini murni hasil kerja sama dengan pabrikan otomotif lain, bukan asal ambil dan meletakkan logo di mobil.   

Melakukan rebadge merupakan hal yang sudah biasa terjadi sekarang. Seperti yang dilakukan oleh Mazda, di mana pabrikan asal Jepang itu sudah beberapa kali melakukan rebadge terhadap model keluaran Toyota, Daihatsu, hingga Suzuki.

Umumnya mobil hasil rebadge memiliki tampang serupa dengan model aslinya yang dikeluarkan oleh suatu pabrikan. Hanya saja ada beberapa bagian bahkan fitur yang sengaja ditambahkan sebagai pembeda.

Lantas model mobil apa saja yang pernah di-rebadge oleh Mazda? Berikut daftar mobilnya.

Mazda2 Hybrid 

Baru-baru ini Mazda2 Hybrid hadir untuk memberikan tambahan pilihan bagi konsumen di Eropa yang menginginkan mobil ramah lingkungan.

Mobil tersebut merupakan versi rebadge dari Toyota Yaris. Bentuknya tetap sama seperti Yaris, tapi logo-nya saja diganti dengan Mazda. Platformnya pun menggunakan milik Toyota yang dikenal sebagai TNGA.

Mazda2 Hybrid sendiri dipersenjatai mesin berkapasitas 1.500 cc tiga silinder dengan tenaga mencapai 91 hp. Mesin disandingkan dengan motor listrik yang diklaim mampu mengeluarkan tenaga 79 hp. Sumber tenaga motor listrik berasal dari baterai jenis Lithium-ion. 

Mazda Bongo 

Mungkin ada yang kurang familiar dengan mobil satu ini. Ya, Mazda melakukan rebadge Bongo ini dari Daihatsu Gran Max.

Mazda Bongo diproduksi di pabrik Daihatsu di Indonesia, lalu dikirim ke Jepang untuk dipasarkan.

Mobil bertubuh kotak ini dipersenjatai dengan dua sistem penggerak, yaitu empat roda dan dua roda. Masing-masing dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc berkode 2NR-VE dengan transmisi manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan. 

Mazda VX-1 

Mazda juga pernah mencoba peruntungan di segmen MPV murah dengan menghadirkan VX-1 yang merupakan hasil rebadge dari Suzuki Ertiga.

Bila dilihat lebih dekat, tampilan VX-1 sedikit berbeda dengan Suzuki Ertiga, gril-nya menampilkan lis krom di bagian atas, bagian belakang terdapat rear spoiler, hingga knalpot diberi sentuhan krom. 

Interiornya tak jauh berbeda dengan Suzuki Ertiga, tapi ada logo Mazda di lingkar kemudi. Demikian pula mesinnya, masih sama seperti yang ada di Ertiga, yaitu berkapasitas 1.373 cc bertenaga 94 hp dan torsi 130 Nm. Tenaga disalurkan ke roda depan.

Mobil keluarga ini resmi dipasarkan di Indonesia pada 2013, tapi sayang pada 2017 Mazda memutuskan untuk menyetop produksi dan pemasarannya. [AP/Ses]

Temukan mobil baru Mazda di sini.




Berita Utama


Komentar