Mobil Listrik Tidak (Selalu) Ramah Lingkungan

Berita Otomotif

Mobil Listrik Tidak (Selalu) Ramah Lingkungan

MINNESOTA - Banyak orang berpikir kalau menggunakan kendaraan bertenaga listrik sudah membuatnya jadi ramah pada lingkungan. Ternyata tidak. Mobil listrik ternyata tidak kalah 'merusak' dibanding mobil bensin.

Hal ini tentu mengagetkan banyak orang, karena selama ini citra yang ditanamkan terkait kendaraan listrik adalah sebuah kendaraan yang ramah lingkungan karena tidak membutuhkan bensin sebagai bahan bakar.

"Sayangnya, saat kabel terhubung ke sebuah kendaraan listrik di salah satu ujung dan pembangkit listrik tenaga batu bara di ujung yang lain, konsekuensi lingkungannya lebih buruk daripada mengendarai mobil bertenaga bensin biasa," kata Ken Caldeira dari Carnegie Institution for science di Daily Mail.

Namun, bila pembangkit listriknya menggunakan energi terbarukan (seperti pembangkit listrik tenaga angin, surya atau panas bumi), efeknya sangat berarti karena menurut penelitian yang sama, hal itu dapat mengurangi kematian yang dihasilkan akibat polusi udara sebesar 70 persen.

"Banyak teknologi yang kita anggap bersih, tidak lebih baik daripada bensin," tambah Julian Marshall, seorang profesor teknik di University of Minnesota.

Kuncinya adalah di mana sumber listrik itu berasal. Karena jika sumber listriknya dari batubara, maka sesungguhnya mobil listrik menghasilkan jelaga dan asap 3,6 kali lebih banyak dibanding mobil bensin. Polusi itu dibuat saat penciptaan tenaga listrik. [Syu/Idr]

Temukan Mobil Idaman Anda di sini

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support