Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Terungkap, Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Diproduksi di Indonesia Maret 2022!

Berita Otomotif

Terungkap, Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Diproduksi di Indonesia Maret 2022!

TANGERANG - Hyundai membeberkan kesiapan memproduksi model mobil listrik di Indonesia pada akhir kuartal satu 2022. Modelnya pun sudah terbongkar yaitu Ioniq 5.

Dalam kata sambutannya ketika membuka diler baru pada awal pekan, Presiden Direktur PT. Hyundai Motors Indonesia (HMID) SungJong Ha meyakini mobil listrik produksi lokal pertama mereka akan mengubah industri otomotif negeri ini secara fundamental.

Ini, kata dia, sesuai dengan ambisi mereka saat masuk ke Tanah Air yaitu menjadi game changer (pengubah tatanan pasar--Red) serta ground breaker (pionir) industri.

Mobil listrik yang ia maksud rencananya hadir tak lama lagi dalam beberapa bulan ke depan.

“Model itu akan menjadi yang pertama dibuat di Indonesia. Mungkin, sekitar Maret nanti kami mulai memproduksinya di pabrik kami di Indonesia,” bongkar SungJong Ha dalam seremoni Hyundai City Store Supermall Karawaci, Tangerang, Senin (24/1/2022) kemarin.

Sekadar mengingatkan, Sejak beberapa tahun terakhir, prinsipal Hyundai di Korea Selatan turun tangan menangani bisnis di Indonesia melalui HMID.

Investasi 1,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp21 triliun mereka gelontorkan demi membangun pabrik perakitan mobil di Cikarang, Bekasi yang sudah beraktivitas komersial mulai bulan ini dengan memproduksi sport utility vehicle (SUV) Hyundai Creta.

Hyundai sudah pula membeberkan rencana produksi lokal mobil listrik pada 2022. Adapun modelnya ialah Ioniq 5.

Dalam webinar 'Insentif untuk Konsumen dalam Kebijakan Kendaraan Listrik' yang diadakan Bisnis Indonesia pada Desember 2021, Chief Operating Officer (COO) Hyundai Motors Asia Pacific Lee Kang Hyun menyebut Ioniq 5 sebagai model mobil listrik rakitan Indonesia pertama.

Di bawah HMID, Hyundai mulai meluncurkan mobil pada November 2020 yaitu duo mobil listrik Kona serta Ioniq EV. Sejak saat itu hingga sekarang, ada enam model yang telah mereka terjunkan ke pasar Indonesia.

Empat lainnya ialah Palisade, Santa Fe facelift, Staria, Creta.

Bersama-sama dengan LG Energy Solution, Hyundai pun sedang membangun pabrik perakitan sel baterai mobil listrik di Karawang, Jawa Barat dengan modal 1,1 miliar dollar AS (sekitar Rp15 triliun). Pembangunan dijadwalkan rampung semester satu 2023, tapi produksi massal rencananya baru terjadi semester satu 2024. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru berkualitas <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang