Mobil Listrik Berpotensi Rugikan Bisnis Mini Market

Berita Otomotif

Mobil Listrik Berpotensi Rugikan Bisnis Mini Market

WASHINGTON D.C – Mobil listrik membuat evolusi industri otomotif, di masa mendatang diperkirakan berpotensi negatif bagi bisnis mini market di Amerika Serikat (AS).

Pergeseran arah pasar otomotif dari mobil bermesin bensin atau diesel ke mobil listrik tampaknya memang tak bisa lagi dihindarkan. Kebijakan pemerintah negara-negara maju maupun berkembang yang ingin menambah populasi mobil listrik secara bertahap membuat para pabrikan mau tak mau bergerak ke arah sama, termasuk Toyota yang awalnya lebih memihak ke mobil hidrogen.

Di sisi lain, bisnis mini market di AS diprediksi bakal menjadi 'korban' mobil ramah lingkungan. Riset dari Morgan Stanley baru-baru ini memperkirakan bahwa dengan semakin banyaknya mobil listrik di jalan-jalan raya, jumlah pengguna kendaraan yang berbelanja di mini market diproyeksikan semakin sedikit. Pada akhirnya, profit dari mini market, yang memang banyak 'menumpang' di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), terpengaruh.

Nasib sama juga dipercaya akan dialami oleh produsen-produsen minuman, seperti minuman berenergi atau minuman berkarbonasi. Salah satu contoh dari Morgan Stanley adalah Monster Beverage Corporation yang 63 persen penjualannya di ‘Negeri Paman Sam’ dikontribusikan dari mini market di SPBU.

Studi ini diamini oleh pelaku usaha. Jeff Lenard dari National Association of Convenience Store menambahkan 60 persen profit SPBU di AS dikontribusikan oleh mini market. Sedangkan bisnis pengisian bahan bakar minyak (BBM) cuma menyumbang 40 persen.

“Meski begitu, saya pikir mini market nantinya akan melakukan yang selama ini selalu mereka lakukan yaitu menemukan cara lain untuk berkompetisi,” ujarnya.

Pebisnis mini market, untungnya, masih memiliki waktu memikirkan inovasi. Pasalnya, ‘bencana’ bagi mini market ini sendiri dinilai baru akan berlangsung puluhan tahun mendatang karena perbandingan volume mobil bermesin konvensional dengan mobil listrik saat ini masih amat jomplang. Grant McAllister dari ADD Systems industry menilai dampak mobil listrik terhadap penjualan mini market baru bakal benar-benar terasa sekurang-kurangnya 20 tahun lagi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual