Mobil Listrik Nissan Leaf Segera Meluncur di Indonesia, Ini Bocorannya

Berita Otomotif

Mobil Listrik Nissan Leaf Segera Meluncur di Indonesia, Ini Bocorannya

JAKARTA – Nissan siap meramaikan lagi pasar mobil listrik di Indonesia dalam waktu dekat. Warganet ramai menduga bahwa model tersebut adalah Nissan Leaf.

Nissan, melalui akun Instagram resmi mereka di Indonesia @nissanid, pada awal pekan ini mengumumkan rencana peluncuran sebuah model baru dalam waktu dekat. Meski tak menyebutkan modelnya, mereka mengunggah foto siluet dari model tersebut yang memperlihatkan bagian buritan kendaraan dengan emblem ‘Zero Emission’ pada sisi kanan.

Pada sisi kiri buritan, samar-samar dapat terbaca emblem bertuliskan 'Leaf'.

“Nissan lovers, bersiaplah untuk kehadiran produk terbaru Nissan di Indonesia yang akan memberikan rasa baru berkendara ramah lingkungan. Menjadi partner berkendara dengan teknologi mutakhir dari masa depan yang siap menemani Anda,” tulis mereka dalam kolom keterangan gambar.

mobil listrik diduga Nissan Leaf segera meluncur di Indonesia

Ratusan warganet lokal pun ramai-ramai bercuap dalam kolom komentar. Banyak dari mereka yang menduga bahwa model yang disinggung oleh merek asal Jepang tersebut adalah Nissan Leaf.

Dugaan para warganet tersebut cukup beralasan. Soalnya, selain petunjuk dari Nissan bahwa model itu nihil emisi gas buang, foto siluet dari mereka memperlihatkan tampilan sebuah hatchback seperti Leaf.

mobil listrik Nissan Leaf

Selain itu, sejak beberapa tahun lalu, Nissan sudah mengungkapkan rencana peluncuran Leaf di pasar otomotif Indonesia. Tadinya, mobil listrik produksi massal pertama di dunia itu dijadwalkan mengaspal pada 2020, tapi kemudian diubah menjadi pada 2021.

Nissan Kicks e-Power Meluncur Lebih Dahulu

Nissan sendiri pada September 2020 sudah meluncurkan mobil berteknologi ramah lingkungan yakni Kicks e-Power. Akan tetapi, SUV tersebut belumlah mobil listrik murni, melainkan sebuah hybrid yang masih memadukan antara motor penggerak ditambah baterai lithium ion dengan mesin bensin berkapasitas kecil.

Nissan Kicks e-Power

Hanya saja, berbeda dengan mobil hybrid kebanyakan, mesin pembakaran internal (internal combustion engine/ICE) di Kicks e-Power hanya berfungsi sebagai generator yang menyuplai energi ke baterai lithium ion. Mesin tidak berurusan dengan sistem penggerak roda.

Saat ini Nissan Kicks e-Power dipasarkan seharga Rp471 juta (OTR Jakarta). Dengan harga tersebut menjadikannya sebagai mobil hybrid termurah di Indonesia. [Xan/SES]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar