Mobil Listrik Audi e-tron GT Pakai Ban Khusus dari Hankook

Berita Otomotif

Mobil Listrik Audi e-tron GT Pakai Ban Khusus dari Hankook

JAKARTA – Audi menjalin kerja sama dengan produsen ban asal Korea Selatan Hankook. Mobil listrik Audi e-tron akan menggunakan ban Hankook yang dikembangkan secara khusus.

Hankook melihat potensi mobil listrik di dunia tumbuh lebih cepat. Di Eropa sendiri pertumbuhan mobil listrik mencapai 138% pada 2020. Atas potensi tersebut, mereka melakukan ekspansi pasar dengan menjalin kolaborasi dengan pabrikan mobil premium asal Jerman.

Pada 2018, purwarupa (prototype) Audi e-tron GT dipresentasikan untuk pertama kalinya dan antusiasme publik semakin berlanjut sejak diluncurkan pada 2021. Ban Hankook yang khusus dikembangkan untuk mobil listrik, Ventus S1 evo 3 ev, terpilih sebagai ban resmi untuk Audi e-tron GT ex works.

Ban ukuran 225/55R19 XL 103Y dipasang di bagian roda depan, sementara ban ukuran 275/45R19 XL 108Y di bagian roda belakang. Ventus S1 evo 3 ev sendiri telah melalui berbagai penyempurnaan teknis agar memungkinkan performa mobil sport listrik semakin maksimal.

“Hankook kini direpresentasikan untuk sejumlah model ban premium bagi segmen mobil sport listrik, termasuk Audi e-tron GT, dan posisi kami sangat baik dalam segmen ini secara keseluruhan,” ucap Jeongho Park, Wakil Presiden Eksekutif dan Direktur Divisi OE.
Audi e-tron

Audi e-tron dibekali dua buah motor listrik berdaya 95 kWh. Namun SUV bertenaga listrik ini diklaim tidak hanya fokus untuk mengejar performa. Meski demikian, pihak Audi menyebutkan bahwa produknya bisa berakselerasi 0-100 km/jam dalam 5,5 detik saja serta dapat dipacu hingga 200 km/jam.

Audi terkenal dengan sistem penggerak empat rodanya yang biasa disebut Quattro. Pada e-tron, sistem ini dikembangkan lagi guna memberikan traksi optimal pada semua kondisi jalan. Dengan mengandalkan inovasi terbarunya, keempat roda e-tron dapat mengatur gejala slip dalam hitungan milidetik.

Terlahir sebagai SUV, Audi e-tron tentunya dituntut memiliki daya jelajah maksimal. Selain menawarkan 7 pilihan mode berkendara, Audi juga membekali produk terbarunya dengan suspensi yang bisa membuat ketinggian kendaraan bertambah hingga 76 mm.

Selain itu, Hankook juga menjadi produsen ban resmi untuk sports car Audi e-tron GT. Ventus S1 evo 3 dikatakan telah dikembangkan secara khusus sehingga bisa mereduksi kebisingan ban hingga 3 desibel. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar