Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mobil Listrik Kia EV9 Resmi Debut Global, Mulai Dijual Kuartal Dua 2023

Berita Otomotif

Mobil Listrik Kia EV9 Resmi Debut Global, Mulai Dijual Kuartal Dua 2023

SEOUL – Kia Corporation memperkenalkan mobil listrik teranyarnya, Kia EV9 secara global. Ini merupakan model flagship sport utility vehicle (SUV) listrik pertama Kia.

Perkenalan Kia EV9 dilaksanakan secara virtual pada Selasa (28/3/2023).

Flagship SUV ini merupakan mobil elektrifikasi kedua yang diluncurkan jenama asal Korea Selatan (Korsel) tersebut, setelah sebelumnya menghadirkan Kia EV6.

“Kia EV9 akan mempercepat perubahan kami sebagai pemberi solusi mobilitas berkelanjutan,” kata Presiden & CEO Kia Corporation, Ho Sung Song dalam konferensi pers virtual.

Sebagai informasi, Kia memiliki misi untuk memiliki lini kendaraan listrik sebanyak 15 produk pada 2027 dan netralitas karbon pada 2045.

Lebih lanjut, Kia berencana mulai menjual EV9 di pasar Korsel terlebih dulu pada kuartal kedua tahun ini, sebelum dirilis di berbagai negara seperti Eropa, Amerika Utara dan Amerika Selatan, Asia Pasifik dan Timur Tengah pada semester kedua 2023.

“Kami akan memberikan rincian jadwal peluncurannya ke pasar (dunia) pada waktu mendatang,” Ho Sung Song menambahkan.

Sementara itu, terkait harga EV9 pihaknya belum mengumumkannya.

“Masih terlalu dini untuk mengumumkan harganya. Kami masih memonitor keadaan sekitar dan beberapa faktor untuk menentukan harga yang optimal dan sesuai dengan konsumen kami. Mohon tunggu hingga pemberitahuan selanjutnya,” terangnya

Spesifikasi Kia EV9

Secara keseluruhan, desain eksterior EV9 mengemban filosofi “Opposites United” yang menggabungkan karakteristik kontras antara desain mulus dan kotak.

Fascia Kia EV9 memakai desain “Digital Tiger Face”, yakni pembaruan desain “Tiger Nose” khas Kia yang didukung teknologi baru.

Teknologi baru tersebut berupa Digital Light Pattern yang tersemat di belakang bodinya.

Digital Light Pattern ini dikostumisasi sesuai dengan mode berkendara mobil. Lampu digital ini selaras dengan LED headlamp vertical.

Kemudian proporsi mobil juga baik, memberikan kesan lapang. Hal ini terlihat dari ukuran jendela dari depan ke belakang yang sama.

Demikian juga dengan atapnya yang tinggi dan memanjang dari depan ke belakang tanpa adanya perubahan elevasi, memberikan kesan ruang kepala yang lapang di baris belakang.

Masuk ke dalam kabin, ruang interior dapat dikatakan luas berkat atap yang tinggi, serta penggunaan Electric Global Modular Platform (E-GMP) membuat lantai kabin rata.

Adapun material yang digunakan pada sektor interior mobil berupa bahan yang ramah lingkungan. Jok mobil dibalut bahan berbasis tanaman seperti jagung, tebu dan minyak alami, serta karpet berbahan plastik hasil daur ulang.

Di sisi pengemudi, terdapat Panoramic Wide Display berupa layar meter cluster yang menyatu dengan Head Unit, memberikan kesan lapang pada dasbor depan secara keseluruhan.

Jok baris tengah berkonfigurasi Captain Seat dan dapat di atur dengan memutar menghadap ke belakang.

Bicara tentang fitur berkendara, EV9 untuk pasar tertentu dilengkapi dengan fitur Highway Driving Pilot System (HPD) yang memungkinkan mobil berkendara secara otomatis di jalan bebas hambatan atau tol.

Selain itu, terdapat fitur Remote Smart Parking Assist untuk membuat mobil parkir secara otomatis. Fitur ini juga ditemukan pada Kia EV6.

Beralih ke performa, EV9 dibekali baterai yang mampu memberikan suplai tenaga hingga jarak tempuh 541 km dalam satu kali pengecasan.

Untuk kecepatan pengecasannya puh mengesankan. Menggunakan ultra-fast charging 800V, daya jelajah EV9 setelah dicas 15 menit bisa mencapai 239 km.

Sama halnya dengan EV6, EV9 juga dilengkapi dengan fitur Vehicle-2-Load (V2L) yang dapat memberikan tenaga listrik untuk alat-alat elektronik di luar mobil layaknya sebuah genset. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang