Mobil Lionel Messi Tata Zica Lawan Suzuki Wagon R

Mobil Baru

Mobil Lionel Messi Tata Zica Lawan Suzuki Wagon R

GOA - Tata Motors baru saja memperkenalkan Tata Zica. Inilah mobil yang akan dipromosikan oleh pemain terbaik di dunia, Lionel Messi.

Hatchback asal India itu diperkenalkan ke hadapan sejumlah media lokal di India, namun baru akan diluncurkan ke publik pada Januari 2016. 

Menariknya, meski merupakan mobil India tulen, Tata Zica yang didasarkan pada platform XO Indica ternyata dirancang di tiga negara berbeda yakni di studio desain Tata di Pune (India), Turin (Italia) dan Conventry (Inggris).

Menurut Tata, model ini dibuat tuntuk menarik generasi muda yang merupakan pembeli mobil pertama. Desainnya menarik dengan dimensi 3.746 x 1.647 x 1.535 mm (PxLxT) dengan wheelbase 2.400 mm dan ground clearance 170 mm. Hatchback 5 pintu in memiliki bagasi besar hingga 242 liter.

Di bagian dalam, mobil yang dibangun dari rangka monocoque ini mengaplikasi sistem infotainment Harman, 8 speaker surround sound system, steering mount control (telepon + audio), konektivitas bluetooth hingga navigasi smartphone (hanya ponsel Android).

Berbicara tentang keselamatan, Tata Zica sudah memiliki dual airbag di depan, ABS, EBD dan sensor parkir.

Belum selesai sampai di situ, untuk dapur pacunya, Tata Zica memiliki pilihan mesin bensin dan diesel.

Mesin bensin Zica merupakan keluarga mesin Revotron yang digunakan oleh Zest dan Bolt. Tapi, mesin 1.2 1.2 liter (1.199 cc) yang digunakan Zica hanya punya 3-silinder, sementara Bolt dan Zest memiliki 4-silinder di mesin mereka.

Pada Zica, mesin 3 silinder itu mampu menghasilkan tenaga maksimum 85 PS pada 6000 rpm dan torsi 114 Nm torsi pada 3500 rpm. 

Sedangkan untuk mesin diesel, Zica menggunakan mesin baru berkapasitas 1,05 liter (1.047 cc), juga dengan 3-silinder. 

Mesin ini adalah mesin pertama dari keluarga mesin diesel Tata Motors yang disebut Revotorq. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga puncak 70 PS pada 4000 rpm dan torsi puncak 140 Nm dari antara 1800-3000 rpm. 

Kedua mesin Tata Zica itu dikawinkan dengan transmisi manual 5-speed. Pilihan transmisi AMT akan ditawarkan, tapi akan diluncurkan di setelahnya.

Namun, Tata Motors belum mau membocorkan berapa harga jual model ini nanti. Tapi yang jelas, di India, Tata Zica akan menjadi rival bagi Hyundai i10, Suzuki Maruti WagonR dan Suzuki Maruti Celerio. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support