Roadster Klasik Mercedes-Benz Lahir Kembali dalam Bentuk Mobil Konsep

Berita Otomotif

Roadster Klasik Mercedes-Benz Lahir Kembali dalam Bentuk Mobil Konsep

VIRGINIA - Mercedes-Benz menciptakan sebuah mobil konsep bernama Vision Mercedes Simplex yang berbentuk seperti model-model mereka di era 1900-an.

Vision Mercedes Simplex  baru-baru ini dikabarkan muncul dan memang mengambil inspirasi desain dari sebuah model klasik yakni Mercedes 35 PS keluaran 1901. Roadster (mobil berkapasitas dua penumpang) purwarupa ini dibuat sebagai penghormatan bagi sejarah pabrikan asal Jerman tersebut, sekaligus model klasik yang dianggap sebagai salah satu tonggak Mercedes-Benz.

Pasalnya, Mercedes 35 PS dianggap sebagai ‘mobil modern pertama’ dari merek tersebut. Model ini dahulu juga mendominasi kompetisi Race Week di Prancis.

Vision Mercedes Simplex akan dipamerkan dalam Design Essentials 2019 pada akhir September mendatang di Virginia, Amerika Serikat. Mobil konsep tersebut adalah one-off, alias hanya dibuat satu dan tidak direncanakan masuk ke jalur produksi massal.

Mercedes membuat dan memajangnya untuk menunjukkan bagaimana mereka ‘menentukan standar dari sebuah mobilitas pada masa dahulu, hari ini, serta masa depan’. Melihat tampilannya, Vision Mercedes Simplex mempunyai aksen warna ‘rose gold’ di sekeliling grille depan yang mengingatkan radiator berwarna perunggu milik mereka satu abad lalu.

Namun, bagian tengah dari grille depan telah digantikan oleh layar digital. Bagian tersebut dapat menunjukkan tulisan ‘Mercedes’ plus animasi-animasi untuk menginformasikan kepada pihak lain status dari kendaraan tersebut ketika berada di jalan raya.

Keunikan lainnya adalah bentuk keempat rodanya yang terlihat seakan-akan terpisah dari bodi mobil. Pada bagian tengah roda terdapat emblem ‘rose gold’ dengan logo ‘Three-Pointed Star’ milik Mercedes.

Tidak disebutkan dengan gamblang, apa spesifikasi sistem penggerak Vision Mercedes Simplex. Sang pabrikan hanya menyebut bahwa kendaraan ini mempunyai ‘sumber energi penggerak alternatif’.

Bonnet depan mobil konsep satu ini benar-benar membuat kita teringat dengan mobil-mobil zaman dahulu, yang dihiasi dengan pengikat kap mesin dari material kulit plus pengunci berwarna ‘rose gold’. Tidak ada kaca depan pada mobil.

Interiornya dilengkapi dasbor minimalis dengan instrumen-instrumen yang lagi-lagi berwarna ;rose gold’. Canggihnya, instrumen-instrumen ini akan memproyeksikan berbagai informasi dalam bentuk hologram hanya ketika dibutuhkan. Ada pula jam berbentuk retro, lingkar kemudi berbentuk klasik dengan trim kayu, serta jok kursi berwarna ‘biru azura’. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support