Mobil Isuzu Rakitan Indonesia akan Dijual Hingga ke Amerika Tengah

Berita Otomotif

Mobil Isuzu Rakitan Indonesia akan Dijual Hingga ke Amerika Tengah

JAKARTA – Isuzu terus memperluas ekspor mobil rakitan Indonesia. Negara-negara yang disasar tak hanya ‘para tetangga’ sekawasan.

Isuzu mengekspor secara utuh (Completel y Built Up/CBU) Traga, mobil niaga berjenis pikap medium, rakitan pabrik Isuzu di Indonesia sejak 2019 hingga sekarang.

Selama dua tahun, negara yang menjadi tujuan ekspor Traga baru Filipina.

Akan tetapi, Isuzu sebenarnya sudah mengeker negara-negara tujuan lainnya. Namun, realisasinya memang agak tertunda.

“Rencananya sebenarnya tahun ini. Cuma kelihatannya masih dalam proses menuju realiasi ekspor ke negara-negara lain,” jelas Marketing Division Head PT. Isuzu Astra Motor Indonesia Attias Asril menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam diskusi virtual bersama Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) beberapa waktu lalu.

mobil pickup Isuzu Traga

Aat, sapaan akrab dia, tidak menjelaskan target waktu perluasan ekspor tersebut.

“(Model) yang kami ekspor hanya Traga karena basis untuk produksi ekspornya ada di Indonesia,” tegasnya lagi.

Tak Hanya ASEAN

Negara-negara tujuan ekspor baru mobil Isuzu Traga rakitan Indonesia bukan hanya yang ada di region Asia Tenggara (ASEAN). Di luar itu pun ada.

“Ekspor kami mulai masuk ke negara-negara ASEAN lainnya, Laos dan Kamboja. Lalu juga ke region Amerika Tengah,” pungkas Aat tanpa merincikannya lebih lanjut.

Pabrik Isuzu di negara ini berlokasi di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat.

Di samping memproduksi lokal Traga, merek asal Jepang yang fokus menggarap segmen kendaraan niaga sejak 2008 tersebut juga merakit light duty truck (truk ringan) Isuzu Elf maupun medium duty truck (truk medium) Isuzu Giga.

Isuzu Traga dan Isuzu Elf

Isuzu juga menjual kendaraan berjenis double cabin bernama D-Max. Ada pula sport utility vehicle (SUV) Mu-X yang bersaing dengan Toyota Fortuner serta Mitsubishi Pajero Sport.

Akan tetapi, dua model itu masih diimpor CBU dari Thailand.

Pada awal 2021, Isuzu menyuntik mati Panther. Multi purpose vehicle (MPV) legendaris di Indonesia yang ‘lahir’ serta diproduksi lokal sejak 1991 tersebut makin terpinggirkan pengembangan maupun penjualannya ketika fokus Isuzu berganti ke mobil niaga.

Kendati begitu, Isuzu siap menyediakan suku cadangnya 8-10 tahun ke depan atau bahkan lebih lama lagi dari itu. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar