Ini Mobil Pertama di Dunia yang Punya Airbag Bagi Penumpang Belakang

Berita Otomotif

Ini Mobil Pertama di Dunia yang Punya Airbag Bagi Penumpang Belakang

STUTTGART – Airbag (kantung udara) mungkin sudah jadi fitur keselamatan yang terdengar biasa. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa sejauh ini belum ada mobil yang memiliki airbag khusus untuk penumpang belakang?

Hal tersebut akan segera berubah. Mercedes-Benz, seperti dilaporkan Carscoops pada akhir pekan kemarin, telah mengonfirmasi keberadaan airbag penumpang belakang pada S-Class generasi terbaru yang dijadwalkan menjalani debut global pada 2 September 2020.

S-Class sendiri terkenal sebagai salah satu mobil paling nyaman dan mewah, sehingga banyak digunakan oleh para petinggi negara. Selain itu, sedan flagship Mercedes-Benz ini juga dikenal kerap menjadi pionir teknologi kenyamanan, hiburan, maupun keselamatan.

Detail mengenainya baru bakal dirilis pada pekan depan. Namun, Mercedes-Benz mengatakan airbag penumpang belakang pada S-Class didesain untuk melindungi sang ‘bos besar’ yang hampir selalu menjadi penumpang di baris kedua dari tabrakan frontal (arah depan).

Fitur ini akan disematkan pada bagian belakang dari kursi baris pertama. Dari gambar yang ada, terlihat bahwa airbag memiliki bentuk serupa huruf ‘U’ sehingga bisa ‘menangkap’ bagian kepala penumpang belakang sambil mengurangi dampak tumbukan.

Menurut pabrikan yang menjadi pesaing abadi dari BMW itu, airbag penumpang belakang memang memiliki konsep yang sama sekali berbeda dari airbag penumpang depan. fitur inovatif tersebut didesain untuk bisa beradaptasi pula dengan kursi bayi dan bisa bekerja bersama-sama dengan airbag kecil pada sabuk pengaman (inflatable seat belt).

Pabrikan asal Jerman yang bermarkas di Stuttgart ini mengklaim kelengkapan tersebut nantinya menetapkan standar baru perihal tingkat keselamatan penumpang baris kedua.

S-Class generasi termutakhir juga telah dilengkapi fitur Pre-Safe Impulse Side versi lebih sempurna. Fitur ini menggunakan sensor radar untuk mendeteksi tumbukan dari arah samping.

Sensor radar kemudian memicu pengaktifan bantalan pada kursi depan maupun belakang yang berfungsi menggeser posisi penumpang agar lebih ke tengah saat terjadi tabrakan samping. Sensor radar memberi komando pula pada E-Active Body Control Suspension supaya menaikkan ketinggian kendaraan sehingga impak tumbukan dialihkan ke struktur bawah S-Class yang lebih kaku.

Mercedes-Benz berniat memberi bocoran sedikit demi sedikit mengenai S-Class teranyar, sebelum debutnya berlangsung. Kita nantikan saja kecanggihan apalagi yang ada pada sedan ningrat ini. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar