Mobil Ini Hanya perlu 2 Tabung Gas Elpiji Untuk Perjalanan Jakarta-Surabaya

Berita Otomotif

Mobil Ini Hanya perlu 2 Tabung Gas Elpiji Untuk Perjalanan Jakarta-Surabaya

JAKARTA - Belakangan ini pemerintah memang tengah mengupayakan untuk mengkonversi BBM pada kendaraan bermotor menjadi bahan bakar gas. Namun terbatasnya infrastruktur menjadi kendala terberat saat ini.

Melihat hal tersebut, para peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesua atau yang biasanya disebut LIPI, mulai melakukan penetikian agar mobil bisa menggunakan bahan bakar gas Elpiji biasa. Hal ini dianggap sebagai solusi atas minimnya infrastruktur gas di Indonesia.

Hasilnya adalah sebuah converter kit yang bisa membuat mobil melaju hingga ke Surabaya hanya dengan menggunakan 2 tabung gas ukuran 12 kg.

“Kami sudah menguji ini untuk perjalanan ke Surabaya, hanya membutuhkan 2 tabung gas Elpiji 12 KG dan bensin 10 liter. Itu saya ingat kami mengganti tabung gas di Semarang,” ungkap Dipl.- Ing. A. Hakim Pane, R&D Manager PT Tritunggal Prakasa Global.

Ia mengatakan bahwa dengan menggunakan ini, maka tidak perlu lagi khawatir bahan bakar gas akan habis di tengah perjalanan. “Ini bedanya dengan yang digunakan oleh converter BBG pada umumnya. Kita kita perlu SPBG. Kita hanya perlu menggantinya di warung yang menjual gas. Bisa diganti sendiri,” tambahnya.

Sementara itu bila gas habis, maka mesin secara otomatis akan beralih ke bensin “Selain itu bensin juga diperlukan untuk menyalakan mesin mobil. Setelah mesin menyala, maka akan dialihkan ke gas,” tutup Hakim.

 

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support