Mobil Hybrid Disebut Sudah Jadi Tren di Kalangan Orang Kaya Indonesia

Berita Otomotif

Mobil Hybrid Disebut Sudah Jadi Tren di Kalangan Orang Kaya Indonesia

TANGERANG – Orang-orang kaya Indonesia kini lebih memilih varian hybrid dari sebuah model mobil, ketimbang varian-varian bermesin konvensional.

Preferensi konsumen-konsumen kelas menengah ke atas terhadap mobil berteknologi elektrifikasi semakin menguat, menurut Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy. Ini terlihat dari kontribusi yang besar pada varian hybrid untuk model Corolla Cross.

Komposisinya, jika dibandingkan dengan total penjualan Corolla Cross, sudah mencapai sekitar 70-80 persen.

“Untuk mobil hybrid, saya rasa di segmen medium-high sudah menjadi satu tren dan kebutuhan,” ucap Anton dalam sebuah konferensi pers virtual beberapa waktu lalu.

Toyota Corolla Cross hybrid

Fenomena tersebut, lanjut dia, tak bisa dilepaskan dari tarif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) spesial bagi mobil berteknologi mild hybrid, hybrid, plug-in hybrid (PHEV), 100 persen baterai, hingga hidrogen yang mulai berlaku 16 Oktober 2021 kemarin. Alhasil, selisih antara varian hybrid dengan non-hybrid pada suatu model pun mengecil.

Oleh karena itu, meski tak mengingat secara detail, Anton yakin kondisi yang sama akan terlihat pula pada Camry serta Corolla Altis sedan. Dua model tersebut menyasar segmen menengah ke atas dan mempunyai opsi hybrid.

Toyota memperkenalkan tipe hybrid dari Corolla Altis di Indonesia pada 2019. Adapun Camry hybrid termutakhir baru saja meluncur pada semester kedua 2021.

Toyota Camry hybrid

“Melihat Camry, dulu gap antara varian hybrid dengan non-hybrid cukup tinggi. Sekarang, dengan adanya pajak yang baru, perbedaan semakin tipis dan saya rasa meningkatkan juga komposisi penjualan Camry hybrid,” lontar Anton.

“Demikian pula Corolla sedan hybrid yang harganya dulu mendekati Rp600 juta. Sekarang Rp500 juta-an awal. Jadi, sekarang (hybrid) menjadi lebih terjangkau dan saya rasa ini makin meningkatkan minat masyarakat terhadap hybrid,” sambungnya.

Sebagai gambaran lebih, harga on the road (OTR) Jakarta Corolla Cross hybrid per November 2021 menurut situs resmi Toyota Indonesia Rp506,1 juta. Adapun tipe non-hybridnya Rp463,51 juta.

Corolla Altis hybrid, di sisi lain, Rp506,3 juta. Sementara itu, banderol dua tipe yang bermesin konvensional masing-masing Rp438,3 juta, Rp457,6 juta.

Camry hybrid dijual seharga Rp767 juta. Tipe yang bermesin bensinnya Rp637 juta. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar