Mobil Honda Bakal Lebih Terasa Indonesia

Berita Otomotif

Mobil Honda Bakal Lebih Terasa Indonesia

KARAWANG - Honda mengumumkan rencana pembangunan pabrik Crank Shaft dan komponen Connecting Rod di Indonesia. Berbagai model Honda akan lebih terasa Indonesia-nya.

Bila pabrik ini beroperasi, pabrik ini nantinya akan digunakan untuk memproduksi Crank Shaft, yang berdasarkan aturan LCGC (Low Cost Green Car) merupakan salah satu komponen yang harus diproduksi secara lokal. 

Pabrik yang berdiri di atas lahas seluas 7.000 meter persegi di dalam area pabrik PT Honda Prospect Motor (HPM) Karawang ini akan mempunyai kapasitas produksi hingga 1.000 unit per hari atau 243.000 unit per tahun. 

Selain fasilitas yang diperlihatkan pada hari itu, PT HPM juga menyampaikan rencana pembangunan pabrik komponen Connecting Rod di area yang sama, yang rencananya akan mulai beroperasi pada tahun 2018. 

Seperti halnya pabrik Crank Shaft, fasilitas ini juga digunakan untuk memproduksi komponen yang menurut regulasi LCGC harus diproduksi secara lokal. Nantinya pabrik ini akan berdiri di atas lahan seluas 4.000 m2 dan memiliki kapasitas produksi hingga 1.000 unit per hari atau 243.000 unit per tahun.

Sebagai informasi, pabrik PT HPM yang pertama terletak di Kawasan Industri Mitrakarawang (KIM), Desa Parungmulya, Karawang, Jawa Barat, dengan total luas area 512.500 m2. 

Pabrik ini juga mempunyai berbagai fasilitas pendukung seperti Road Test Facility, Engine Plant dan Car Pool. Pabrik Honda memproduksi model-model seperti Honda Jazz, Honda CR-V, Honda Freed, Honda Brio, Honda Mobilio, Honda HR-V, hingga Honda BR-V yang akan mulai diproduksi pada awal tahun 2016. 

Selain memproduksi mobil, pabrik pertama PT HPM juga telah mengekspor berbagai komponen mobil seperti Engine Parts: Cylinder Head, Cylinder Block, dan Body Parts: Hood Comp, Panel RR Inside, R/L Inside, Skin Hood, Frame Hood hingga produk Honda Freed ke negara-negara di Asia Tenggara, seperti Thailand dan Malaysia sejak tahun 2009. [Syu/Idr]

 

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual