Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mobil Dinas Wapres Habis Bensin dan Isi dari Jeriken, Ini Kata Istana

Berita Otomotif

Mobil Dinas Wapres Habis Bensin dan Isi dari Jeriken, Ini Kata Istana

JAKARTA – Foto maupun video mobil dinas Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang terlihat habis bensin dan sedang diisi bahan bakar minyak (BBM) dari jeriken tersebar di jagad digital. Warganet Indonesia pun heboh.

Berbagai foto plus cuplikan video tersebut viral pada akhir pekan lalu di beragam platform media sosial. Gambarnya memperlihatkan sedan Mercedes-Benz S-Class terparkir di sebuah lokasi perkampungan yang dikelilingi oleh orang-orang berbatik dan petugas keamanan berseragam.

Sedan termewah Mercedes itu sedang diisi BBM jeriken oleh orang-orang di sekitarnya. Di bagian depan mobil, terlihat pelat nomor polisi ‘Indonesia 2’ (kode untuk mobil dinas wakil presiden) plus bendera Indonesia berukuran kecil. Kendaraan dinas presiden dan wakil presiden sendiri adalah S 600 Guard terbaru hasil pengadaan melalui tender pada 2019.

Tentu saja, warganet ramai melontarkan beragam komentar, apalagi setelah media-media massa memberitakannya. Ada komnetar yang mewajari, ada yang bernada sinis.

Tak berapa lama setelah foto plus video tersebut viral, Istana Wakil Presiden merilis pernyataan pers melalui situs resmi mereka. Kendaraan itu diakui sebagai mobil dinas Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat pada 8 Juli 2020. Ini adalah klarifikasi lengkapnya:

Terkait beredarnya video mobil VVIP bernomor RI 2 mengisi bensin dari jeriken di pinggir jalan, disampaikan penjelasan sebagai berikut:

  • Pengisian BBM dari jeriken dilakukan karena tidak adanya SPBU yang memiliki bahan bakar minyak (BBM) sesuai kriteria mobil VVIP dan bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM.
  • Dalam setiap rangkaian VVIP selalu disiapkan BBM cadangan dalam jeriken di mobil teknisi. Saat diperlukan pengisian BBM dan tidak tersedia BBM yang sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP di SPBU setempat, maka digunakan BBM cadangan yang telah disiapkan.
  • Rekaman peristiwa yang beredar tersebut terjadi saat Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, 8 Juli 2020. Adapun mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi. [Xan/Ari]


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang