Mobil Dinas Vladimir Putin Mirip Rolls-Royce

Berita Otomotif

Mobil Dinas Vladimir Putin Mirip Rolls-Royce

MOSKOW – Rusia mengembangkan mobil dinas untuk sang Presiden yakni Vladimir Putin yang desainnya mirip dengan Rolls-Royce.

Mobil kepresidenan pada umumnya dibuat lebih spesial dari umumnya. Faktor keselamatan menjadi poin paling utama dari kendaraan dinas sang Presiden. Beberapa fitur canggih yang disematkan membuat mobil tersebut mampu menahan serangan teroris.

Beberapa pimpinan negara menggunakan merek kendaraan yang dipasarkan kepada masyarakat luas. Namun dengan catatan mobil tersebut telah mengalami peningkatan dalam hal keamanan terlebih dahulu.

Berbeda dengan Rusia yang tengah mengembangkan kendaraan untuk sang presiden. Melalui proyek Kortezh (Dibaca : Cortege) selama beberapa tahun terakhir, mereka tengah menciptakan mobil untuk sang pemimpin negaranya.

Kortezh merupakan divisi khusus yang ditugaskan untuk menyediakan mobil kepresidenan maupun pejabat tinggi pemerintahan. Kendaraan yang memiliki julukan Aurus ini dikembangkan dalam empat model berbeda.

Aurus mengusung model-model seperti SUV, minivan sedan dan tentunya limusin untuk sang Valdimir Putin. Kendaraan-kendaraan tersebut akan menggendong mesin V8 bertenaga sekitar 650 hp. Sumber tenaga tersebut dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis sembilan-percepatan.

Namun yang menarik adalah desain Aurus memiliki beberapa kesamaan dengan produsen mobil asal Inggris, Rolls-Royce. Dari beberapa gambar yang beredar, bentuk bagian depan kendaraan menyerupai Rolls-Royce Phantom dan Ghost Saloons.

Hal ini terlihat pada bagian grille yang sangat serupa satu sama lain. Keduanya juga tampak mirip pada bagian buritan kendaraan. Kortezh disebut-sebut akan memproduksi Aurus sekitar 4000 hingga 5000 unit kendaraan.

Seperti telah disebutkan sebelumnya di atas, Aurus akan menggunakan basis SUV, Sedan, Limusin dan minivan. Beberapa pihak mengatakan bahwa Kortezh akan menawarkan Aurus tidak hanya untuk pejabat pemerintahan, namun orang-orang kaya di Rusia juga dipersilahkan untuk memilikinya. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support