Ekspansi Mobil Cina Tidak Ganggu Pasar Mobil Bekas Jepang

Berita Otomotif

Ekspansi Mobil Cina Tidak Ganggu Pasar Mobil Bekas Jepang

JAKARTA – Meski mobil Cina sudah semakin mudah ditemukan di jalanan, Mobil88 melihat bahwa mobil Jepang bekas tetap memiliki pasar tersendiri.

Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya peminat mobil bekas di harga Rp 80 juta hingga 150 juta. Padahal dengan harga tersebut, pelanggan masih bisa membeli mobil Cina dengan kondisi masih baru dan gres.

“Apa yang ditawarkan mobil Cina? Pastikan harga. Untuk konsumen yang Price sensitive, larinya pasti akan ke sana (mobil Cina). Sementara bagi mereka yang membeli mobil juga karena gengsi, pasti akan lebih memilih membeli mobil Jepang meski bekas,” ungkap Halomoan Fischer Lumbantoruan, Presiden Direktur Mobil88.

Menariknya, menurut dia konsumen yang sensitif terhadap harga juga masih dapat dibagi. sebagian masyarakat yang sensitif terhadap harga, mereka tetap akan melihat apakah resale value kendaraan bertahan atau tidak.

“Banyak dari mereka yang melihat bila harganya murah, tapi ketika dijual kembali tidak ada harganya, buat apa (membelinya)? Sementara Toyota Avanza sudah bertahun-tahun. Kalau mau jual dalam beberapa tahun kemudian, sudah tahu kira-kira berapa harganya,” tambah Fischer.

Ia pun menambahkan bahwa mereka yang sensitif terhadap harga umumnya akan membeli mobil bekas dengan depresiasi harga relatif stabil. MPV seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia pun disebut menjadi pilihan utama.

Meski demikian, Ia mengaku bila pasar menghendaki adanya mobil Cina, pihaknya akan mencoba untuk menyediakan. Hanya saja hingga kini, Mobil88 belum pernah mendapatkan unit mobil Cina di dealernya.

“Setahu saya, kami belum pernah pegang stoknya. Kami tidak pernah menolak mobil (yang dijual ke Mobil88), hanya kami melihat marketnya saja. Tapi untuk saat ini, buat apa? Toh barangnya juga belum ada (peminatnya),” tuturnya.

Tidak heran bila kondisi tersebut membuat penjualan mobil MPV masih menjadi yang tertinggi di Mobil88. Tercatat, MPV berhasil menjadi tulang punggung dengan menguasai 45 persen dari seluruh penjualan Mobil88 di tahun 2018. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar