Siap-Siap, Mobil Bekas China Bakal Merangsek Pasar International

Berita Otomotif

Siap-Siap, Mobil Bekas China Bakal Merangsek Pasar International

BEIJING -  Kementerian Perdagangan China mengijinkan untuk melakukan ekspor kendaraan bekas untuk meningkatkan pasar otomotif domestik.

Ijin melakukan ekspor mobil bekas ini dilakukan setelah untuk pertama kalinya sejak tahun 1990an, pasar otomotif China mengalami penurunan. Pemerintah Cina sendiri sudah berusaha mengatasinya dengan memotong pajak untuk membantu pasar kembali tumbih.

Kementerian Perdagangan China sendiri saat ini mengijinkan ekspor kendaraan bekas dari 10 kota termasuk Beijing, Shanghai dan Guangdong. China pun menjanjikan akan memberi dukungan untuk para pelaku industri lokal.

Dalam pernyataannya, Pemerintah China menegaskan bahwa mereka akan melakukan identifikasi perusahaan yang dapat menangani ekspor mobil bekas. Mereka akan diminta juga untuk mengembangkan serangkaian pengujian untuk memastikan kualitas dan keamanan kendaraan yang di ekspor.

Pemerintah sendiri melihat potensi dari ekspor mobil bekas ini akan sangat besar, bahkan akan menambah sekitar 10 persen dari semua penjualan mobil bekas. Pasar mobil bekas di China memang saat ini terbilang masih jauh lebih kecil dibandingkan pasar mobil baru.

Sepanjang 2018, sedikitnya ada 13,82 juta unit mobil bekas di China, kurang dari setengah penjualan mobil baru Cina yang mencapai 28,08 juta unit.

“Ekspor kendaraan bekas dipastikan akan memberikan dampak positif pada pasar otomotif dalam jangka waktu menengah maupun panjang. Jika penjualan mobil bekas berhasil terpacu maka maka secara tidak langsung, penjualan mobil baru juga akan terbantu,” tutur Alan Kang, Analis dari LMC Automotive. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support