Daihatsu Akan Bidik Kaum Milenial Lewat Mobil 1.0-Liter Turbo

Berita Otomotif

Daihatsu Akan Bidik Kaum Milenial Lewat Mobil 1.0-Liter Turbo

JAKARTA – Daihatsu akan menjadikan generasi milenial sebagai target utama mobil bermesin 1.0-liter turbo mereka kelak di Indonesia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Daihatsu membeberkan studi terkini mereka mengenai apakah mesin 1.0-liter turbo milik city car Tanto cocok untuk Indonesia. Hasil studi menunjukkan bahwa mesin tersebut dapat meladeni kondisi jalan di negara ini.

Meski demikian, mereka mengaku belum memutuskan mesin itu nantinya ditaruh di model apa. Bisa jadi, mesin ini bakal disematkan di model yang sudah ada dan bukan model yang benar-benar baru. Satu yang pasti, target konsumennya kelak ialah mereka yang berjiwa muda, khususnya generasi milenial.

“Kalau kita lihat, para pemakai (mobil bermesin) turbo umumnya mereka yang lebih suka performa. Kecepatan. Orang-orang seperti itu umumnya anak muda. Kalau yang istilahnya sudah berkeluarga dan umurnya sudah lebih dari zamannya hura-hura, umumnya lebih memikirkan fungsi dari mobil untuk bawa keluarga,” papar Amelia Tjandra saat diwawancarai usai konferensi pers Daihatsu Astec Open 2019 Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, model Daihatsu yang paling laku secara volume adalah multi purpose vehicle (MPV). Sigra menempati peringkat pertama, diikuti Xenia.

Namun demikian, pembeli dari kalangan milenial paling banyak membeli city car, antara Ayla serta Sirion. Namun, saat ditanyakan apakah ini artinya mobil 1.0-liter turbo mereka kelak adalah city car, Amelia menolak memastikan.

“Sampai hari ini saya belum bisa bilang karena belum ditentukan.,” tukasnya.

Dia juga menegaskan bahwa semua itu masih dalam tahap studi. Dengan demikian, mereka pun belum ketuk palu mengenai kapan peluncurannya di Tanah Air bakal terjadi.

“Kami masih mengamati respons masyarakat Indonesia karena yang mengeluarkan mobil turbo ada beberapa merek. Kalau trennya ternyata masyarakat Indones menyukai mesin kecil turbo pasti kita akan penuhi,” tegas Amelia.

Merek asal Jepang yang masih termasuk ke dalam grup Toyota Motor Corporaration ini menjual Sembilan model di Tanah Air. Untuk MPV, mereka mempunyai Sigra, Xenia, Luxio, Gran Max Mini Bus.

Untuk sport utility vehicle (SUV), Daihatsu memiliki Terios. Ada dua city car yakni Ayla serta Sirion.

Terakhir adalah mobil komersial yang diisi oleh Hi-Max serta Gran Max pikap. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support