Mitsubishi Xpander vs Nissan Livina Bekas, Pilihan di Tangan Anda

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander vs Nissan Livina Bekas, Pilihan di Tangan Anda

JAKARTA – Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina lansiran 2019 telah dijual, kondisi sama-sama prima dengan selisih harga Rp 15 juta.

Kedua mobil tersebut memang bersaudara karena menggunakan platform dan diproduksi di pabrik yang sama. Namun tetap saja keduanya memiliki ‘bendera’ yang berbeda sehingga layak untuk disandingkan satu sama lain.

Mitsubishi Xpander hadir dengan beragam fitur menarik. Pertama, struktur tubuh monocoque Xpander direkayasa berdasarkan RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) yang mengawinkan efisiensi penyerapan energi tumbukan dengan integritas kabin tinggi. Sebagai fitur keselamatan pasif lainnya adalah 2 airbag di depan dan 3-point seatbelt untuk tujuh penumpang.

Berlanjut ke fitur keselamatan aktif Xpander. Mitsubishi Motors Corporation (MMC) melengkapi Xpander dengan:

  • ABS (Anti-lock Braking System)
  • BA (Brake Assist)
  • ASC (Active Stability Control)
  • HSA (Hill Start Assist)
  • ESS (Emergency Stop Signal system)

Sementara itu Nissan Livina dilengkapi dengan beragam fitur yang tidak kalah canggih. Mobil ini punya fitur i-Key + Push and Start/Stop Button. VL AT juga satu-satunya yang dilengkapi kursi dan setir berbalut material kulit.

VE AT dan VL AT diberkahi Driver Seat Height Adjuster. Ada pula Head Unit 7 Inch Touchscreen dengan konektivitas smartphone, Steering Switch Control.Ada empat fitur keselamatan standar di seluruh tipe. Selain Dual SRS Airbag, ada sabuk pengaman tiga titik, Auto Hazard Light on Emergency Braking, Immobilizer.

VE AT dan VL AT diberikan lagi tambahan Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA), Parking Sensor, Rear View Camera.

Baik Mitsubishi Xpander maupun Nissan Livina sudah tersedia versi mobil bekasnya. Keduanya pun memiliki nilai jual kembali yang tidak berbeda jauh. Kami pun mencari mobil varian tertinggi di tahun 2019 serta jumlah kilometer yang mirip sebagai perbandingan. Berikut adalah pilihannya.

Mitsubishi Xpander 1.5 Ultimate 2019

Mitsubishi Xpander Ultimate Bekas

Mobil ini sempat menjadi varian paling langka karena sangat diburu oleh masyarakat. Sebagai varian tertinggi, Mitsubishi Xpander 1.5 Ultimate telah disematkan seluruh fitur yang ada sehingga menjadi dambaan bagi konsumen Mitsubishi Xpander. Mobil yang dijual oleh Felice Auto ini dibanderol dengan harga Rp 230 juta dan baru menempuh perjalanan sejauh 6.000 KM.

Nissan Livina 1.5 VL

Pada tahun 2019, Nissan Motor Indonesia menjadikan Livina 1.5 VL sebagai varian tertinggi. Harga baru dari mobil ini dibanderol Rp 272,1 juta. Namun untuk versi bekas, mobil ini dijual dengan harga Rp 215 juta. Nissan Livina 1.5 VL yang dijual oleh Auto Fame ini baru menempuh perjalanan sejauh 6.000 KM.

Masing-masing mobil memiliki keunggulannya masing-masing. Tentunya, keputusan untuk membeli kendaraan berada di tangan pelanggan dengan mempertimbangkan kebutuhan berkendaranya masing-masing. Namun bila masih belum cocok, maka di Mobil123 masih ada banyak MPV bekas yang dijual dengan beragam kondisi dan layak untuk dipertimbangkan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar