Mitsubishi Xpander Raih Total Pemesanan Lebih dari 115 Ribu Unit

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander Raih Total Pemesanan Lebih dari 115 Ribu Unit

JAKARTA – Mitsubishi Xpander telah dipesan lebih dari 115 ribu unit sejak pertama kali meluncur.

Xpander mengaspal di Indonesia pada 10 Agustus 2017. Penampakannya di Tanah Air sekaligus menjadi debut globalnya.

Di Indonesia, Xpander bermain di segmen low multi purpose vehicle (LMPV). Segmen ini merupakan kontributor terbesar penjualan mobil nasional sekaligus paling ‘ganas’ persaingannya. Adapun pemain-pemain utamanya adalah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio dan Wuling Confero.

MPV berdesain serupa sport utility vehicle (SUV) ini, menurut Mitsubishi melalui keterangan resmi pada Jumat (11/1/2019), sudah membukukan total pesanan hingga lebih dari 115 ribu unit hingga Desember 2018. Artinya, pemesanan sebanyak itu digapai hanya dalam 16 bulan kehadirannya.

Realisasi pengiriman terkini ke konsumen tidak disebutkan. Namun, jika mengacu pada data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), distribusi dari pabrikan ke dealer sejak Xpander hadir di Indonesia hingga November kemarin telah mencapai total 84.289 unit.

Volume pengiriman terbagi menjadi 13.070 unit pada 2017 (September – Desember) serta 71.219 unit pada 2018 (Januari – November).

Xpander dirakit secara lokal di pabrik Mitsubishi Cikarang, Bekasi, yang baru beroperasi pada awal 2018. Respons pasar terhadap Xpander yang jauh melebihi ekspektasi Mitsubishi, ditambah dengan kemampuan pabrik yang belum dapat beroperasi maksimal, membuat indennya sempat mencapai hingga setengah tahun.

Produksi serta distribusi kemudian dikebut dan kini inden Xpander sudah diperpendek menjadi 1 – 2 bulan, menurut klaim Mitsubishi. Mitsubishi juga sempat menjadi mobil terlaris di segmennya serta di pasar otomotif Indonesia, mengalahkan Avanza, selama sembilan bulan pertama tahun lalu.

Xpander rakitan Cikarang diekspor pula mulai April tahun lalu. Dengan respons yang juga amat positif dari pasar luar negeri, kapasitas produksi yang disiapkan untuknya lantas terus ditingkatkan dari awalnya 80 ribu unit pada 2017, 115 ribu unit pada 2018,150 ribu unit pada 2019, hingga 160 ribu unit pada 2020 dengan investasi tambahan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support