Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mitsubishi Tetap Ogah Layani Tantangan Toyota

Berita Otomotif

Mitsubishi Tetap Ogah Layani Tantangan Toyota

JAKARTA - Toyota pernah menantang Mitsubishi untuk konsisten dalam berkompetisi di segmen LMPV.

Pasalnya, ketika itu Mitsubishi mengklaim dirinya sebagai raja LMPV bermesin 1.5 liter lewat Xpander. Sementara Toyota Avanza ketika itu menguasai segmen MPV dengan tulang punggung penjualan Avanza 1.3 G MT.

“Kalau Mitsubishi Xpander mau mengalahkan Avanza ya dibuktikan saja. Tapi jangan dibagi segmennya. Jelas Avanza keunggulannya adalah G MT. Kalau mau ya totalnya. Avanza lawan Xpander. Jangan kabur,” kata Franciscus Seorjopranoto, Executive General Manager PT TAM di awal tahun 2019.

Namun tantangan tersebut hingga saat ini belum dijawab Mitsubishi. Bahkan, Mitsubishi lebih memilih untuk menghadirkan Mitsubishi Xpander Cross ketimbang meluncurkan versi mesin berkapasitas 1.3 liter.

“Target kami adalah untuk konsumen yang perlu status tinggi, gaya hidupnya tidak hanya di perkotaan tapi suka mencari petualangan. Memang targetnya itu,” ungkap Irwan Kuncoro, Director of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Ia pun menampik bahwa segmen kendaraan 1.5 liter lebih kecil dibandingkan dengan 1.3 liter. Menurutnya, pasar 1.3 liter lebih banyak digunakan oleh sektor fleet dibandingkan penggunaan pribadi.

“1.3 liter memang besar, tapi kalau dibedah, banyak penggunaannya bukan untuk private atau individu. Target kami adalah segmen yang lebih atas. Bukan berarti kami tidak mau mengambil segmen yang lebih bawah, tapi saat ini Mitsubishi targetnya segmen di atas,” tambahnya.

Selama ini, Mitsubishi mengatakan telah menjadi MPV dengan mesin 1.5 liter paling laris di Indonesia. Namun, Toyota tidak mau kalah dengan mengatakan bahwa Avanza masih menjadi rajanya MPV berdasarkan total penjualan seluruh varian.

Pada bulan September 2019, Toyota Avanza sukses menjadi mobil terlaris di Indonesia dengan catatan penjualan sebesar 9.476 unit. Unggul jauh bila dibandingkan dengan total penjualan Mitsubishi Xpander Cross yang hanya mencapai 4.407 unit

Dari perlu digaris bawahi, lebih dari setengah penjualan Toyota Avanza merupakan varian dengan mesin 1.3 liter. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang