Mitsubishi Xpander Berpenggerak Roda Depan, Ini Keunggulannya

Mobil Baru

Mitsubishi Xpander Berpenggerak Roda Depan, Ini Keunggulannya

TANGERANG - Small MPV Mitsubishi Xpander gunakan penggerak roda depan dan berikut adalah keuntungannya.

Sebagai pendatang baru paling fenomenal, Mitsubishi Xpander menjadi pusat perhatian para pecinta otomotif Tanah Air. Terbukti, saat mejeng maksimal di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, tak ada jeda waktu dari pengunjung yang mengerumuninya.

Mobil123.com sempat bergumul bersama pengunjung dan mendengar apa yang mereka bicarakan. Salah satunya adalah masalah pada penggerak roda.

Seperti kita ketahui, tidak seperti sang raja di kelas small MPV, Toyota Avanza yang menggunakan penggerak roda belakang, Mitsubishi Xpander menggunakan penggerak roda depan. Ini artinya andalan Mitsubishi ini sama dengan pemain lain di kelasnya yakni Honda Mobilio, Nissan Livina dan Suzuki Ertiga.

Banyak orang beranggapan, jika mobil penggerak roda depan memiliki keunggulan dari sisi durabilitas dibandingkan dengan penggerak roda depan. Dan dari sisi perawatan, penggerak roda depan tergolong lebih rumit dibandingkan roda belakang.

Namun setelah ditelisik lebih dalam, penggerak roda depan ternyata memiliki beragam keunggulan. Hal ini diungkapkan oleh pembalap nasional Rifat Sungkar.

"Beberapa keunggulan ada pada mobil penggerak roda depan. Dan untuk kendaraan penumpang sebenarnya nyaris tidak ada perbedaan jika berbicara masalah daya jelajah seperti kekuatan menanjak antara penggerak roda depan dan belakang. Perbedaan hanya ada pada mobil-mobil beban berat seperti truk," jelas Rifat.

Rifat selanjutnya menjabarkan beberapa keuntungan pada mobil dengan penggerak roda depan. Pertama ada pada sisi handling.  

"Mobil penggerak roda depan lebih dikendalikan. Contoh saat menikung, Anda bakal lebih mudah mengarahkan kendaraan sesuai dengan keinginan, what you say what you got," ujar Rifat.

Namun hal ini ada catatan yang mengiringinya. Anda harus menyesuaikan kecepatan dengan tikungan yang akan dilalui. Karena efek negatif understeer yang biasa terjadi pada penggerak roda depan bakal selalu ada. Artinya jika Anda melaju  terlalu kencang tak sesuai dengan saat masuk tikungan, mobil jadi agak susah berbelok.

"Selain itu Xpander punya kontruksi dengan toleransi terbaik terutama dari distribusi berat dan memiliki lebar mobil yang memadai. Ini adalah faktor utama mobil dapat dengan mudah dikendalikan," jelas Rifat.


Keuntungan lainnya pada mobil penggerak roda depan adalah dari sisi ergonomika dan kenyamanan kabin serta bobot total. 

Dari sini pabrikan dapat lebih leluasa untuk mengatur ruang kabin belakang karena tidak tersita oleh gardan belakang. Lantai bisa dibuat flat alias rata yang memungkinkan untuk memaksimalkan interior. 

Dari sisi kenyamanan, pada mobil penggerak roda depan praktis tidak akan ditemui noise berlebihan dari gear box, kopel dan juga gardan. Dan karena sudah tidak ada reduksi tenaga mesin ke kopel dan gardan belakang tenaga mesin masih terjaga.

Keuntungan lainnya, bobot mobil bisa menjadi lebih ringan. Hal ini tentunya ada akan ada kaitannya dengan konsumsi BBM.

"Jadi intinya, masalah penggerak roda belakang dan depan adalah masalah mainset. Untuk kendaraan penumpang apalagi yang lebih sering bermain di perkotaan, nyaris tak ada perbedaan berarti," ujar Rifat. [M123]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual