Mitsubishi Suplai Pengganti Metro Mini

Berita Otomotif

Mitsubishi Suplai Pengganti Metro Mini

JAKARTA – Rencana pemerintah DKI Jakarta untuk meremajakan Metro Mini sudah mulai dilakukan.

PT Krama Yuda Tiga Berlian Motors (KTB) melalui dealernya PT Sun Star Motor Jabodetabek akan menjadi penyuplai chasis medium bus tersebut dengan menggunakan produk andalan mereka Colt Diesel.

Mekanisme peremajaan akan dilakukan dengan menggandeng para pengusaha Metro Mini yang sudah ada. Bus-bus lama akan diserahkan kepada managemen TransJakarta, ditakar dan kompensasinya akan dijadikan sebagai uang muka bus yang akan beroperasi sebagai feeder busway.

“Pemesanan dilakukan dengan menggunakan program e-Katalog LKPP. Total kami akan sudah mendapat pesanan total 300 unit yang dibagi 100 unit tahun ini dan sisanya untuk 2017,” jelas Rudy Rimawan, GM Sun Star Motor Jabodetabek.

Pria ramah ini menjelaskan bahwa kondisi pemesanan bus melalui e-Katalog LKPP ini terbagi menjadi 3 bagian, chassis, karoseri dan AC. Dan pihaknya hanya melakukan suplai khusus chasis.

Yang menarik, nantinya tata kelola atau aturan dalam operasi seluruhnya akan diatur oleh TransJakarta. Pengusaha-pengusaha bus tidak harus dipusingkan oleh masalah setoran, parkir bus dan perawatan.

TransJakarta akan membayar kepada para pengusaha dengan sistem penggunaan per kilometernya. Selain itu juga terdapat pool khusus sehingga ke depan rasanya tak ada lagi bus-bus yang parkir di pinggir jalan. Untuk perawatan pihak TransJakarta akan memberika service kontrak.

“Busnya sendiri memiliki desain yang bagus dengan kapasitas 26 tempat duduk dan ber-AC. Memiliki tinggi dek dan pintu tengah sejajar dengan koridor busway serta terdapat pintu depan kiri standar guna akses penumpang non koridor,” jelas Rudi.

Jika melihat tata kelola seperti ini sepertinya dalam waktu dekat bus-bus Metro Mini lama yang sudah tidak layak jalan akan punah dalam waktu tidak lama. Ini tentunya memberikan hal positif pada masyarakat luas karena  kenyaman dan keselamatan penumpang akan jauh lebih baik.

Pengemudi juga Dipastikan akan lebih tertib karena tidak dituntut untuk mengejar setoran. Demikian juga kondisi bus yang bakal jauh lebih baik dengan perawatan yang terkontrol.

Mudah-mudahan usaha yang dilakukan pemerintah DKI lewat TransJakarta terus konsisten terutama dalam hal tata kola transportasi masal. Karena sebagus apapun kendaraan yang digunakan jika tidak dikelola dengan benar akan rusak dalam waktu singkat.

Feeder TransJakarta ukuran bus medium sebelumnya juga telah disuplai oleh Toyota yang memiliki kombinasi warna biru muda dan putih. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support