Mitsubishi Outlander Sport Cuci Gudang, Diskonnya Rp 45 Juta

Berita Otomotif

Mitsubishi Outlander Sport Cuci Gudang, Diskonnya Rp 45 Juta

INDRAMAYU - Mitsubishi mengakui bahwa selama enam bulan pertama 2019 tidak ada produksi untuk Outlander Sport dan pada rentang waktu tersebut mereka hanya menghabiskan stok tersisa di pasar.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Januari - Juni kemarin tidak memperlihatkan adanya aktivitas perakitan Outlander Sport di fasilitas produksi PT. Krama Yudha Ratu Motor di Pulogadung, Jakarta. Sementara, penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) masih terus berjalan meski hanya berjumlah 99 unit dan seluruhnya adalah varian tertinggi PX Action.

Michimasa Kono, Direktur Penjualan dan Pemasaran PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengonfirmasi temuan tersebut. Kendati begitu, ia menyanggah saat Mobil123.com menanyakan apakah ini berarti medium SUV bermesin bensin 2.0-liter tersebut segera didiskontinyu setelah stok habis.

“Sekarang kami tak punya rencana pasti soal ini. Tapi, kami memang punya stok yang kami jual dan sejauh ini belum ada produksi lagi. Itu saja yang bisa kami katakan,” tandasnya usai seremoni pembukaan dealer di Indramayu, Jawa Barat, pada Kamis (8/8/2019).

Kono tidak menyebutkan kondisi terakhir stok Outlander Sport di pasar. Dia mengaku ‘sedang tidak memegang datanya’.

Pada Jumat (9/9/2019), Mobil123.com menghubungi seorang tenaga penjual Mitsubishi di Jakarta. Menurut dia, stok yang tersedia memang tinggal varian PX Action tahun produksi 2018.

"Memang sedang diskon. Diskonnya sekitar Rp 45 juta. Jadi dari harga normal Rp 383 juta menjadi Rp 338,5 juta," pungkas dia.

Info dari tenaga penjual Mitsubishi lainnya di wilayahnya Jakarta TImur, hanya tersisa dua pilihan warna dari Outlander yakni hitam dan merah. Ia mengaku beberapa hari lalu ada konsumen yang mencari warna putih namun stok kosong.

"Saya sudah mencari di gudang untuk wilayah Jakarta, stok Outlander warna putih sudah habis. Yang banyak warna hitam dan merah," papar tenaga penjual tersebut. 

Bukan Karena Eclipse Cross
Merek berlogo tiga berlian ini sendiri sudah memiliki model medium SUV lain yaitu Eclipse Cross yang resmi mengaspal dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada Juli kemarin di Serpong, Tangerang. Kono menyebut kendaraan seharga on-the-road Jakarta Rp 478 - 483 juta itu sebagai pelengkap Outlander Sport alih-alih pengganti.

“Eclipse Cross dan Outlander Sport kami anggap dua model berbeda,” tandasnya.

Sejak pameran otomotif tersebut hingga kini, jumlah Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) untuknya masih sekitar 100 unit. Pengiriman baru dimulai September dan Mitsubishi sedang menunggu unit impor dari Jepang.

“Setelah pengiriman dimulai dan Eclipse Cross kemudian beredar di jalan, baru saat itulah orang-orang akan melihatnya dan menganggap ini kendaraan dengan desain keren. Kemudian ketertarikan untuk membeli bertambah. Kami berekspektasi seperti itu,” paparnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar