Mobil123.com
Aplikasi Mobil123
Download Gratis – iCar Asia Limited
7,592

Mitsubishi Outlander Sport, Pesaing Terkeras Honda HR-V

Mobil Baru

Mitsubishi Outlander Sport, Pesaing Terkeras Honda HR-V

JAKARTA – Mitsubishi Outlander Sport 2020 merupakan salah satu alternatif compact SUV selain Honda HR-V. Outlander Sport dijual pertama kali di Indonesia pada tahun 2012 dan berhasil menarik minat banyak masyarakat.

Desainnya yang menarik ditambah harga kompetitif menjadi keunggulan dari Outlander Sport. Ketika itu, Mitsubishi menghadirkan tiga varian yaitu PX, LGS dan GLX. Meski sejatinya perbedaannya tidalkah banya, masinng-masing varian tetap memiliki keunggulannya masing-masing.

Dan berikut adalah daftar harga saat pertama kali diluncurkan Mitsubishi Outlander Sport pada 2012:

  • GLX - Rp 289 juta
  • GLS - Rp 306 juta
  • PX - Rp 325 juta

Meski hanya memiliki tiga varian, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) — agen pemegang merek mitsubishi di Indonesia optimis bahwa model ini akan laris manis. Tak tanggung-tanggung, mereka bahkan berharap dapat menjual seikitnya 10.000 unit setahun.

Pengembangan pun terus dilakukan guna mengajak masyarakat agar tetap setia dengan Mitsubishi Outlander. Di tahun 2013, PT MMKSI pun menghadirkan Outlander Sport Limited Edition sebagai salah satu andalannya. Outlander Sport Limited Edition mengambil platform dari varian PX namun ditambahkan beragam aksesoris menari. Ketika itu, PT MMKSI hanya menyediakan dua pilihan warna yaitu putih dan merah.

Aksesoris tambahannya yaitu

  • front garnish yang lebih sporty
  • run daylight-LED
  • chrome door handle cover
  • velg desain baru
  • rear garnish
  • emblem Limited Edition
  • panoramic glass roof

Untuk desain interiornya juga dilakukan sedikit pengembangan untuk memperkuat kesan sporty pada kendaraan. Beberapa panel di interior sudah ditambahkan motif serat karbon dan tuas perseneling pun diberi aksen krom.

Ketika itu, model ini masih dilengkapi dengan mesin 2.0 liter MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control), yang mampu melepaskan tenaga sebesar 147 hp pada 6.000 rpm dan torsi mencapai 197 Nm.

Pada tahun 2014, PT KTB (Krama Yudha Tiga Berlian Motors) meluncurkan Mitsubishi Outlander Sport facelift dengan beragam ubahan untuk membuatnya terlihat lebih modern dibanding sebelumnya. Ubahan tersebut diyakini cukup untuk menggoda pecinta SUV ketika itu.

Ubahan-ubahan tersebut adalah

  • Desain baru pada bumper depan dan belakang baru
  • Velg 17 inchi berdesain baru
  • Spion lipat dengan lampu sein
  • Foglamp desain baru
  • Warna baru Copper Metallic
  • Lingkar kemudi 3-spoke
  • Tombol pengatur audi di lingkar kemudi
  • Aksen karbon pada dasbor dan panel power window

Disukai oleh Pereli Nasional

Pembalap nasional Rifat Sungkar yang memiliki Mitsubishi Outlander Sport menjelaskan kalau mobilnya itu meski terhitung kecil untuk sebuah SUV tapi benar-benar SUV yang sesungguhnya dibandingkan dengan kompetitornya.

"Bukan sedan yang di-SUV-kan atau MPV yang di-SUV-kan. Ini basisnya benar-benar SUV," kata Rifat.

Dia lalu memaparkan hal kecil yang membuat Mitsubishi Outlander Sport menjadi sebuah SUV yakni pemilihan panoramic roof, bukan sunroof.

outlander sport eksterior

"Di bagian atap mobil ini ada roof rail, ini bisa menahan beban sampai 80 kg. Karena kalau SUV kan harus bisa digunakan kapan saja dan di mana saja, roof rail ini jadi penting. Itu kenapa Mitsubishi Outlander Sport pakai panoramic roof. Kalau pakai sun roof akan masalah ketika harus membawa beban berat di atap," paparnya.

Kemampuan-kemampuan ala sebuah SUV itu, lanjutnya, tidak membuat Mitsubishi Outlander Sport jadi tidak enak digunakan. "Interior mobil ini oke, fiturnya lengkap. Di luar, eksterior mobil ini juga gaya," terangnya.

Tak hanya itu, Ia mengaku bahwa Outlander Sport memiliki perfoma yang baik mengingat mesinnya sama seperti Lancer Evo. Ini tentu menjadi sebuah nilai tambah karena artinya mesinnya sudah terbukti perfomanya.

outlander sport

"Kalau diperhatikan, mesin 4B11 yang dipakai Outlander Sport sebenarnya sama dengan Lancer Evo. Mesin 2.000cc ini sama persis, bedanya Outlander Sport tak pakai turbo saja," kata Rifat.

Dia lalu memaparkan, mesin MIVEC, DOHC dengan perbandingan Bore x Stroke 86.0x86.0 yang digendong Outlander Sport memiliki kekuatan 150 PS dengan torsi 197 Nm. Angka ini bukanlah angka yang kecil.

"Apalagi kalau dirasakan, kekuatan mesin ini terasa baik di putaran bawah, tengah dan atas," lugasnya.

Harganya saat ini

Meski nama belakangan ini terasa tenggelam bila dibandingkan dengan Pajero Sport dan Xpander, mobil ini masih bisa didapatkan pelanggan. Hal ini terbukti dengan masih adanya pilihan model ini pada situs resmi Mitsubishi Motors Indonesia. [Adi/IDR]

Dan berikut adalah harga detail terbaru dari Mitsubishi Outlander Sport 2020 (Juli):

  • PX Action - Rp 383.500.000
  • PX - Rp 370.000.000
  • GLS - Rp 353.000.000
  • GLX - Rp 338.000.000

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

Video
All-new Toyota Yaris 2020 semakin canggih. Salah satu teknologi atau fitur generasi keempat Yaris ini adalah bisa parkir sendiri. Harga Yaris 2020 ...

Komentar