Mitsubishi Outlander PHEV Siap Bantu PMI Suplai Listrik di Daerah Bencana

Berita Otomotif

Mitsubishi Outlander PHEV Siap Bantu PMI Suplai Listrik di Daerah Bencana

JAKARTA – Mitsubishi Outlander PHEV menjadi armada terbaru Palang Merah Indonesia (PMI). Fungsi mobil listrik seharga lebih dari Rp 1 miliar ini nanti lebih dari sekadar alat transportasi.

Mitsubishi mengumumkan pemberian Outlander PHEV kepada PMI pada awal pekan ini di Plaza Senayan, Jakarta. Pada kesempatan yang sama, merek berlogo tiga berlian tersebut juga meresmikan stasiun pengecasan daya cepat mobil listrik di mal kelas atas tersebut.

“Kami akan bekerja sama dengan PMI untuk memanfaatkan Outlander PHEV untuk pasok listrik di daerah bencana,” ucap Yuta Yamashita, PHEV Task Force Team Leader PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Hal itu dimungkinkan karena SUV yang resmi mengaspal di Indonesia pada Juli 2019 kemarin tersebut punya kemampuan menyuplai arus listrik bertipe AC dari baterai lithium-ion di bawah bodinya. Daya listrik yang keluar mencapai 1.500 Watt.

Di balik kap depan Outlander PHEV sendiri terdapat mesin bensin 2.4-liter DOHC MIVEC berdaya 126 hp dan torsi 199 Nm yang dikombinasikan dengan baterai 13,8 kWh plus motor penggerak di depan dan belakang. Motor penggerak depan berdaya 80 hp dengan torsi 199 Nm, sedangkan yang di belakang bertenaga 93 hp dengan torsi 195 Nm.

“Daya itu bisa memberikan listrik sampai dengan 10 hari untuk penggunaan alat rumah tangga normal,” klaim Yuta.

Sanitasi Air
Yuta menjelaskan listrik Outlander PHEV secara spesifik akan dipakai untuk menyalakan mesin penyaring dan penjernih air (water purifier) PMI. Mereka sudah mengetes dan memastikan bahwa proses itu dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Intan Vidiasari, Deputy Group Head Planning and Communication MMKSI, menambahkan kesepakatan antara Mitsubishi dengan PMI untuk berkolaborasi belum lama tercapai. Dengan kerja sama tersebut, Mitsubishi ingin berkontribusi lewat kemampuan unik Outlander PHEV yang bukan hanya untuk transportasi ramah lingkungan, tapi juga menyuplai listrik untuk sekitarnya.

“Kami sudah lakukan survei. Hasilnya, yang paling dibutuhkan saat bencana adalah air bersih. Selain itu PMI juga dapat memanfaatkan kemampuan SUV dari Outlander PHEV untuk ke daerah-daerah bencana,” pungkas dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support