Mitsubishi Jadi yang Pertama Luncurkan Mobil di Indonesia pada 2021

Berita Otomotif

Mitsubishi Jadi yang Pertama Luncurkan Mobil di Indonesia pada 2021

JAKARTA – Peluncuran mobil sudah terjadi di pasar otomotif Indonesia, memasuki pekan kedua 2021. Pergerakan pertama dilakukan oleh merek yang termasuk dalam ‘The Big Five’ alias lima besar merek terlaris di Tanah Air.

Di internet, kerap terlihat aktivitas ‘serba pertama’ setiap kali tahun berganti. Di pasar otomotif nasional sendiri, Mitsubishi menurut catatan Mobil123.com menjadi merek pertama yang melakukan peluncuran pada 2021 yang masih dirundung pandemi virus Corona (Covid-19).

Mereka melakukannya dengan merilis lagi Pajero Sport Limited Edition pada 12 Januari 2021 kemarin tanpa seremoni, baik virtual maupun luring. Diumumkan lewat keterangan resmi, edisi terbatas dengan suguhan utama sistem audio dari Rockford Fosgate ini ditawarkan dalam dua varian yakni Dakar 4x2 maupun Dakar Ultimate 4x2.

Patut ditunggu, merek mana yang paling agresif meluncurkan mobil pada 2021. Hingga berita ini diturunkan, belum ada lagi undangan atau pun pernyataan pers mengenai introduksi kendaraan anyar di pasar Indonesia.

Pada 2020 sendiri berbagai pabrikan menunda atau membatalkan rencana peluncuran produk baru gara-gara gangguan pandemi Corona terhadap pasar mobil. Di antara yang mengakuinya adalah Honda. Pemain baru Morris Garage (MG) pun hanya merilis dua dari rencana awal tiga model anyar pada tahun lalu.

Namun, masih ada merek-merek yang tetap agresif menerjunkan mobil-mobil baru. Merek-merek yang dimaksud adalah Toyota dan BMW yang secara akumulatif meluncurkan 33 model baru pada 2020.

Penjualan mobil baru pada tahun kemarin diperkirakan di bawah 600 ribu unit, baik secara wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) maupun retail (distribusi dari dealer ke konsumen). Angka tersebut amat jauh dari capaian 2019 yang berjumlah 1,030 juta unit (wholesales).

Pada 2021, pabrikan-pabrikan roda empat lebih percaya diri bahwa pasar akan membukukan hasil lebih baik yaitu kisaran 750 ribu unit. Akan tetapi, masih ada ancaman laten dari ketidakpastian situasi pandemi yang masih belum juga berakhir.

Satu rencana peluncuran model baru yang sudah bisa dipastikan pada 2021 di Indonesia adalah mobil listrik murni Nissan Leaf. Selain itu, kira-kira apa lagi ya? Apakah bakal ada kejutan dari segmen mobil murah? Mari kita tunggu saja. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar