Mitsubishi Indonesia Mulai Jual Pajero Sport Impor April 2019

Berita Otomotif

Mitsubishi Indonesia Mulai Jual Pajero Sport Impor April 2019

JAKARTA - Mitsubishi Indonesia segera memulai penjualan Pajero Sport yang diimpor utuh (Completely Built-Up/CBU) dari Thailand.

Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengatakan impor CBU Pajero Sport dari ‘Negeri Gajah Purtih’ akan dimulai di sekitar April yang merupakan awal dari tahun fiskal 2019. Kebijakan ini terus dilakukan sampai penghujung tahun fiskal yakni Maret 2020.

Sekadar mengingatkan, Pajero Sport sebenarnya telah diproduksi secara lokal di pabrik Mitsubishi Cikarang, Bekasi. Akan tetapi, status itu untuk sementara dialihkan menjadi impor CBU dan jatah produksinya diberikan ke Mitsubishi Xpander demi memenuhi permintaan domestik maupun ekspor dari low multi purpose vehicle (LMPV) tersebut.

“Hanya setahun. Dimulai dalam waktu dekat, kira-kira sepanjang tahun fiskal ini,” Jelas Nakamura meladeni pertanyaan Mobil123.com .

Menurutnya, Mitsubishi masih memiliki stok Pajero Sport rakitan lokal hingga saat ini. Karena itu, pengiriman bagi kepada konsumen tidak akan terganggu dalam proses peralihan status tersebut.

Berdasarkan penelusuran di data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pabrik Mitsubishi Cikarang sendiri masih memproduksi pesaing terberat Toyota Fortuner itu pada Januari dan Februari. Total produksi adalah 3.914 unit untuk varian-varian berpenggerak dua roda maupun empat roda.

“Spesifikasi model yang diimpor CBU serta kualitasnya tidak berbeda dengan Pajero Sport yang dibuat di Indonesia. Jadi saya meminta konsumen untuk tidak khawatir,” klaim Nakamura.

Mitsubishi pada 2019 menyiapkan kapasitas produksi total 160 ribu unit setahun. Sebanyak lebih dari 80 ribu unit diberikan untuk memenuhi permintaan Xpander di pasar domestik.

Sisanya antara lain digunakan bagi produksi Xpander yang diekspor serta All-New Nissan Livina. Sayang, detail pembagian jatah produksi tidak diberikan oleh merek berlogo tiga berlian ini.

Pada tahun fiskal 2020, pabrik Mitsubishi Kawarang akan menambah lagi kapasitas produksi menjadi 220 ribu unit per tahun. Sebanyak 160 ribu unit didedikasikan bagi Xpander, baik untuk pasar domestik ataupun ekspor. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar