Mitsubishi Fuso Pimpin Pasar Selama Setengah Abad di Indonesia

Berita Otomotif

Mitsubishi Fuso Pimpin Pasar Selama Setengah Abad di Indonesia

JAKARTA – Mitsubishi Fuso menggenapkan status mereka sebagai pemimpin pasar selama setengah abad di Indonesia, pada 2020 kemarin.

Sebagai informasi, tahun lalu pabrikan truk asal Jepang ini genap 50 tahun hadir Indonesia. Capaian mereka pada tahun bershio tikus logam tersebut membuat rekor tak terkalahkan dari para kompetitor tak pernah putus sejak awal eksis di Tanah Air.

Mitsubishi Fuso, melalui keterangan resmi pada akhir pekan ini, mengumumkan pencapaian penjualan 24 ribu unit secara retail (distribusi dari dealer ke konsumen) pada 2020. Pangsa pasar mereka mencapai 48,1 persen sehingga akhirnya kembali memimpin pasar kendaraan niaga, khususnya truk.

berbagai truk merek Mitsubishi Fuso
Capaian itu sebenarnya turun 42,5 persen jika dibandingkan capaian 2019 (year on year) sebanyak 41.735 unit, jika melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Akan tetapi, karena pasar kendaraan niaga secara umum pun jeblok 48,2 persen year on year menjadi 49.921 unit akibat pandemi virus Corona (Covid-19), Mitsubishi Fuso tetap menjadi nomor satu di segmennya.

Pangsa pasar mereka meningkat drastis pula, berkat penurunan penjualan yang jauh lebih baik daripada performa pasar kendaraan niaga. Kini, Mitsubishi Fuso menguasai 48,1 persen, dari sebelumnya 44,2 persen.

Kontribusi penjualan terbanyak masih dari produk di kategori truk ringan (light duty truck/LDT), Colt Diesel. Transaksi jual – belinya mencapai 22.243 unit dengan pangsa pasar yang amat besar di kategori tersebut yakni 58 persen.

Penyumbang penjualan selanjutnya adalah produk – produk di kategori truk menengah (medium duty truck/MDT). Dua andalan mereka, Fuso serta Fighter, secara total laku 1.757 unit dan meraih pangsa pasar 22,4 persen.

Fighter, jagoan Mitsubishi Fuso di segmen truk menengah (Medium Duty Truck/MDT)
Di tengah pandemi, Mitsubishi Fuso menegaskan bahwa mereka tetap memperhatikan kebutuhan armada dari para pelanggan. Berbagai program purnajual seperti Mobile Workshop Service plus sistem telematik Runner tetap mereka lakukan.

“Dalam menghadapi pandemi, saya pastikan kembali bahwa sudah menjadi prioritas utama kami dalam mendukung pelanggan dalam kondisi apapun. Tanggung jawab kami memastikan armada pelanggan selalu dalam kondisi optimal,” pungkas Naoya Takai, Presiden Direktur PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar