Mitsubishi Fuso, Merek Truk yang Hanya Kalah dari Merek Mobil Penumpang

Berita Otomotif

Mitsubishi Fuso, Merek Truk yang Hanya Kalah dari Merek Mobil Penumpang

JAKARTA – Mitsubishi Fuso berada di jalur untuk menjadi pemimpin pasar truk yang tak pernah tergeser selama 50 tahun eksis di Indonesia. Lagi – lagi, yang bisa mengungguli penjualan mereka tahun ini pun hanya sebagian kecil merek mobil penumpang.

Mitsubishi Fuso pada 2020 ini genap setengah abad berbisnis di Indonesia. Sejak hadir pertama kali pada 1970 hingga berusia 49 tahun pada 2019 kemarin, pabrikan asal Jepang ini terus menguasai segmen kendaraan komersial--khususnya truk--di Tanah Air.


Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia menunjukkan bahwa pada tahun lalu, Mitsubishi Fuso membukukan penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) sebanyak 42.754 unit dan retail (dari dealer ke konsumen) sebanyak 41.735 unit. Meski volumenya turun 16,9 persen dan 18,4 persen year on year di dua perspektif penjualan tersebut, Mitsubishi Fuso masih tetap menjadi merek nomor satu di segmen truk dengan pangsa pasar 44,2 persen (retail).

Malahan, pabrikan asal Jepang ini menempati peringkat keenam di daftar merek mobil terlaris di Tanah Air tahun lalu. Di atas Mitsubishi Fuso hanya ada Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi Motor, Suzuki.


Selama Januari – Oktober 2020, di tengah pandemi virus Corona (Covid-19), Mitsubishi Fuso masih menjadi merek truk terlaris yang hanya bisa dikalahkan oleh sebagian kecil merek mobil penumpang. ‘Si Kepala Kuning’—julukan yang mengacu pada warna khas truk mereka—tetap berada di posisi keenam.

Lagi – lagi, hanya lima merek mobil penumpang yang bisa menjual lebih banyak dari Mitsubishi Fuso. Mereka adalah Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, Mitsubishi Motors.


Mitsubishi Fuso memimpin pasar truk dengan penjualan wholesales 17.049 unit dan retail 19.007 unit di 10 bulan pertama 2020. Transaksi jual – beli mereka di dua sudut pandang tersebut turun, seperti juga hampir semua merek lain di tengah terpaan pandemi.

Performa wholesales menurun 52,8 persen secara wholesales. Sementara itu, secara retail raihan mereka drop 43,8 persen.

Penurunan itu tetap yang terkecil di antara merek – merek truk pesaing dari Jepang, China, Swedia, Jerman. Pangsa pasar Mitsubishi Fuso di segmen truk pun tetap paling—bahkan makin—dominan, yakni 48,7 persen berbanding 43,5 persen pada Januari – Oktober 2019. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar