Presdir Mitsubishi Minta Konsumen Cek Harga Diskon New Toyota Avanza

Berita Otomotif

Presdir Mitsubishi Minta Konsumen Cek Harga Diskon New Toyota Avanza

JAKARTA – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia melihat bahwa meski mengklaim tidak ada kenaikan harga, Toyota Avanza terbaru sebenarnya mengalami kenaikan harga terselubung.

Menurut Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia Toyota Avanza sudah diberikan diskon sehingga membuat real price dari kendaraan tersebut sudah berbeda. Padahal, menurutnya, diskon merupakan sesuatu yang tidak baik untuk dilakukan oleh APM kendaraan.

“Memang (Toyota Avanza) tidak ada kenaikan harga, tapi tolong diperiksa antara diskon yang diberikan Toyota Avanza sebelum minor change dengan harga resmi saat ini. Diskon sendiri tidak baik, jadi tolong dilihat actual price saat diskon diberikan,” ungkap Nakamura.

Ia pun menyampaikan bila dilihat dari sisi konsumen, membeli kendaraan diskon bukanlah hal yang baik. Ini karena resale value kendaraan akan semakin jatuh bila kendaraan baru sudah diberikan diskon.

“Misi penting buat Mitsubishi adalah menjadi brand yang dapat diandalkan untuk masyarakat Indonesia. Untuk mencapai misi itu kita tidak melakukan program diskon untuk akhir tahun ini. Seperti yang kita tahu beberapa brand lainnya sudah memberikan diskon akhir tahun sampai 30-40 juta, itu tidak kami tiru karena akan memberikan dampak buruk bagi kami,” ungkapnya.

Meski demikian, Nakamura mengaku saat ini sebenarnya Mitsubishi Xpander memiliki harga yang kompetitif bila dibandingkan Toyota Avanza. Sayangnya saat ini varian terlaris adalah varian tertinggi yaitu Ultimate yang dijual seharga RP 258 juta sehingga memberi kesan bahwa Mitsubishi Xpander mahal.

“Jujur saja, kami sudah punya harga yang match dengan harga Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. tapi karena saat ini (Mitsubishi Xpander )varian Ultimate yang paling laku, maka banyak konsumen langsung memilih varian itu di kelas Xpander. Jadi jangan lupa kami memiliki banyak varian dengan range harga yang sangat luas. Bukan hanya di Rp258 juta tapi ada juga varian yang harganya ada di bawah itu,” tambahnya.

Sementara itu dalam kesempatan terpisah, Anton Jimmi Suwandy sebagai Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) memiliki pandangan berbeda. Menurutnya, segmen LMPV memiliki persaingan yang ketat sehingga memberikan diskon merupakan hal wajar.

“Jadi, kalau kami menyebutnya bukan diskon tapi ‘easy ownership programme’ antara lain dengan uang muka yang sangat baik, cicilan ringan, program tukar-tambah dan untuk itu dealer harus memberikan insentif terhadap konsumen. Karena itu saya pikir wajar-wajar saja. Apalagi di segmen sangat kompetitif, itu sangat wajar kami lakukan,” paparnya.

Anton kemudian menjelaskan bahwa diskon merupakan ranahnya dealer. Dealer akan melihat apakah ada kesempatan untuk membantu konsumen mempermudah pembelian terhadap Avanza terbaru. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar