Mitsubishi Beri Bantuan Rp 1 Miliar ke Korban Gempa Palu dan Donggala

Berita Otomotif

Mitsubishi Beri Bantuan Rp 1 Miliar ke Korban Gempa Palu dan Donggala

JAKARTA – Mitsubishi mendonasikan bantuan senilai Rp 1 miliar rupiah untuk membantu masyarakat Palu dan Donggala pascabencana alam di kedua wilayah Sulawesi Tengah tersebut.

Seperti diketahui, pada Jumat (28/9/2018), Palu dan Donggala dilanda rentetan gempa dengan kekuatan terbesar mencapai lebih dari 7 skala richter. Tak berselang lama, tsunami berganti menerjang kedua daerah tersebut dengan perkiraan ketinggian 2-6 meter.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), korban meninggal dunia per 3 Oktober pkl.13.00 mencapai 1.407 orang. Selain itu, terdapat korban luka berat sebanyak 2.459 jiwa, 113 orang hilang, 152 orang tertimbun, serta 65.733 rumah rusak berat.

Lebih lanjut, bantuan senilai Rp 1 miliar bersumber langsung dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Jepang. Pengumuman donasi dilakukan oleh Osamu Masuko, Chief Executive Officer MMC, di sela-sela konferensi pers investasi 4 miliar yen (Rp 540 miliar) untuk penambahan kapasitas Pabrik Cikarang, Bekasi pada 2020.

“Saya ingin menyampaikan belasungkawa yang dalam kepada masyarakat Indonesia yang terkena dampak dari gempa ini,” papar dia, baru-baru ini di Jakarta.

Masuko menjelaskan bahwa Jepang juga merupakan negara yang sering terkena gempa. Karena itu, MMC tidak melihat bencana di Palu serta Donggala hanya sebagai ‘musibah di negara lain’. MMC, menurutnya, bisa memahami kesusahan serta dampak dari gempa serta tsunami di Palu dan Donggala.

“Setelah berpikir mengenai apa yang bisa kami lakukan, kami memutuskan untuk membantu menyediakan bantuan yang diperlukan dengan bantuan senilai Rp 1 miliar serta meminjamkan dua unit truk pikap Mitsubishi Triton sebagai Rescure Car,” lanjutnya.

Bantuan senilai Rp 1 miliar diberikan dalam bentuk perbaikan saluran air bersih, children healing center, bahan pokok utama. Adapun Rescue Cars dapat digunakan untuk evakuasi korban plus suplai logistik bagi mereka.

“Kami semua berdoa untuk para korban dan berharap perbaikan dapat dilakukan secepat mungkin,” tukas Osamu lagi.

Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) selaku operator pabrik merek ini di Tanah Air dan Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagai distributor ditugaskan untuk memastikan bantuan didistribusikan secara cepat dan efektif. Empat perusahaan yang terdiri dari MMC, MC, MMKI, dan MMKSI akan terus memperhatikan area terdampak bencana dan akan terus memberikan dukungan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar