Mitsubishi Bagikan Tips Berkendara Hemat BBM

Panduan Pembeli

Mitsubishi Bagikan Tips Berkendara Hemat BBM

JAKARTA – Mitsubishi Motors Indonesia membangikan tips berkendara yang hemat bahan bakar.

Mereka menyebut bahwa gaya mengemudi seseorang sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar sebuah kendaraan. Untuk itu mereka mengingatkan tujuh poin penting yang dianggap dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

Menjaga Putaran Mesin


Umumnya, torsi paling efisien mesin berada pada rentang putaran mesin 2.000-3.000 rpm. Usahakan untuk mempertahankan dan lakukan perpindahan perseneling pada rentang putaran mesin tersebut. Jika putaran mesin terlalu tinggi, maka suplai bensin akan makin banyak. Tapi jika terlalu rendah, butuh injakan pedal gas yang lebih dalam untuk menambah kecepatan.

Mengemudi Cerdas
Mengemudi agresif adalah salah satu cara paling efektif untuk membuang-buang bensin secara percuma. Untuk itu, bijaklah saat menekan pedal gas. Saat di jalan tol, usahakan melaju konstan di kecepatan 60-70 km/jam. Ini adalah kecepatan ideal untuk efisiensi bahan bakar. Jika Anda melaju di kecepatan 100 km/jam akan menggunakan bahan bakar sekitar 15% lebih banyak ketimbang melaju pada 80 km/jam.

Hindari Akselerasi dan Pengereman Mendadak


Berakselerasi atau melaju dengan konstan membuat suplai bahan bakar juga konstan. Akselerasi mendadak dapat membuat ECU memerintahkan untuk menyuplai bensin hingga maksimal. Sedangkan mengerem secara berlebihan memaksa pengendara untuk menekan gas lebih dalam untuk memperoleh kecepatan semula. Sebaiknya, injak pedal gas dengan halus serta perhitungkan jarak pengereman yang memadai.

Pakai BBM Dengan Oktan Sesuai
Meski banyak kendaraan yang dapat bekerja baik dengan bahan bakar bernilai oktan yang lebih rendah dari rekomendasi pabrik, konsumsi bahan bakarnya akan berbeda. Konsumsi akan membaik saat menggunakan bbm dengan oktan sesuai rekomendasi pabrikan.

Gunakan AC Secukupnya
Menggunakan AC memberi beban besar pada mesin yang dapat meningkatkan konsumsi bbm. Aturlah AC kendaraan Anda tidak terlalu dingin, di suhu 24-27 derajat celcius. Coba untuk tidak memaksa AC bekerja ekstra dengan membuka jendela sebelum berkendara agar udara panas dapat keluar terlebih dahulu

Jaga Tekanan Ban
Pastikan ban terpompa sesuai dengan tekanan yang direkomendasikan. Ban yang kempes memerlukan lebih banyak bahan bakar, namun memompa secara berlebihan akan mengacaukan kendali mobil Anda.

Rencanakan Rute Perjalanan
Menentukan rute perjalanan yang efektif dan terhindar dari macet memang membutuhkan pengalaman Anda. Hindari jalan macet yang pernah Anda lewati di waktu lampau. Menggunakan peta dan GPS akan memudahkan Anda menentukan rute perjalanan. Jika ingin singgah beberapa kali, upayakan agar rutenya tetap satu arah. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support