Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mitsubishi Akui Berpeluang Meluncurkan SUV Pesaing Raize dan Rocky

Berita Otomotif

Mitsubishi Akui Berpeluang Meluncurkan SUV Pesaing Raize dan Rocky

TANGERANG – Mitsubishi mengakui ada kemungkinan meluncurkan sport utility vehicle (SUV) murah lima penumpang sekelas Toyota Raize dan Daihatsu Rocky pada masa mendatang.

Sales and Marketing Director PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro mengatakan pihaknya bakal selalu berusaha memenuhi kebutuhan serta tren pasar.

Ini sudah mereka tunjukkan dengan masuk ke segmen low multi purpose vehicle (LMPV) atau Small MPV lewat Mitsubishi Xpander sejak 2017.

“Kalau sebelumnya pasar MPV, Small MPV yang paling besar, kami masuk ke situ,” ucap dia merespons pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, 11-21 Agustus di Serpong, Tangerang.

‘Rumus’ yang sama juga berlaku untuk seluruh segmen. Termasuk segmen LSUV lima penumpang seharga mulai Rp200 juta-an seperti Raize dan Rocky yang mulai dilirik banyak merek.

“Bisa saja ke depannya kami ada. Tapi, saat ini kami belum ada informasi apa pun untuk dibagikan. Studi selalu dilakukan dan kemungkinan selalu ada,” lanjut Irwan.

Kepopuleran SUV sendiri saat ini sudah melebihi kepopuleran MPV. Komposisi SUV dari seluruh segmen, menurut data penjualan retail Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) 2021, mencapai 26 persen dari total transaksi jual-beli mobil nasional.

Kontribusi MPV dari seluruh segmen, di sisi lain, ada di peringkat kedua dengan 23 persen.

Salah satu segmen yang pemainnya makin lama makin banyak ialah LSUV lima penumpang. Selain diisi oleh duet Raize-Rocky, ada pula Nissan Magnite, Kia Sonet, Renault Kiger.

Honda tahun ini bakal pula meluncur SUV murah menyaingi Raize-Rocky. Modelnya sudah dipamerkan dalam GIIAS 2022 dengan julukan Honda Small SUV RS, tapi masih disamarkan dengan stiker kamuflase.

Peluncuran serta distribusinya rencananya sama-sama dimulai pada 2022. Versi purwarupanya, Honda SUV RS Concept, pertama kali dipamerkan dalam GIIAS 2021.

Lebih lanjut, Mitsubishi sendiri merupakan merek dengan fokus SUV. Namun, lini produk mereka di Indonesia masih relatif terbatas dibandingkan merek-merek Jepang lain yang masuk lima besar terlaris (Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki).

Produk-produk mereka di pasar Indonesia saat ini ialah Mitsubishi Xpander (LMPV), Mitsubishi Xpander Cross (LSUV tujuh penumpang), Mitsubishi Pajero Sport (High SUV), Mitsubishi Outlander PHEV (High SUV listrik), Mitsubishi Triton (Double Cabin), Mitsubishi Colt L300 (pikap diesel). [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang