MINI Bawa 2 Model dengan Mesin Terkuat Sepanjang Sejarah ke Indonesia

Mobil Baru

MINI Bawa 2 Model dengan Mesin Terkuat Sepanjang Sejarah ke Indonesia

JAKARTA – Selain meluncurkan New Clubman, MINI merilis John Cooper Works Clubman dan Countryman yang memiliki mesin paling bertenaga sepanjang sejarah mereka.

Seperti diberitakan sebelumnya, New Clubman mengaspal di Indonesia pada Jumat (14/2/2020) dengan harga mulai Rp 705 juta off-the-road. Pada hari yang sama, John Cooper Works Clubman plus John Cooper Works Countryman dihadirkan.

“Rangkaian kendaraan John Cooper Works terbaru hadir dengan beragam inovasi sehingga menjadi MINI paling kuat yang pernah ada,” tegas Kidd Yam, Head of MINI Asia dalam seremoni peluncuran di Jakarta.

Performa memang menjadi fokus bagi John Cooper Works Clubman maupun John Cooper Works Countryman terbaru. Di balik kap depannya terdapat mesin anyar 2.0-liter 4-silinder MINI TwinPower Turbo. Tenaganya mencapai 306 hp dengan torsi 450 Nm.

“Untuk pertama kalinya, pabrikan mobil asal Inggris yang sudah diakuisisi oleh BMW ini mempunyai mesin dengan tenaga lebih dari 300 hp,” ucap Yam.

Tenaganya meningkat 32 persen dari model sebelumnya. Sementara, torsinya meningkat 29 persen.

Sebagai padanannya, diberikan transmisi 8-percepatan Steptronic Sports Automatic Transmission plus kunci diferensial mekanis terintegrasi di gardan depan. Keunggulan terbaru lain adalah daya tersebut disalurkan kepada keempat roda lewat sistem All4 MINI.

Akselerasi 0 – 100 km/jam berkisar di 5 detik bagi kedua model. John Cooper Works Countryman mampu berlari 5,1 detik, sedangkan John Cooper Works Clubman 4,9 detik.

“Akselerasinya lebih cepat 1,4 detik (dari model terdahulu),” lanjut Yam.

John Cooper Works Clubman maupun John Coopers Works Countryman juga mencapai MINI pertama yang mampu menggapai kecepatan tertinggi 250 km/jam. Kemampuan tersebut makin terasa gahar berkat sistem pembuangan terbaru yang menghasilkan suara lebih menggelegar.

Pelonjakan performa membuat beberapa aspek juga diperkuat. Struktur bodi maupun sasisnya dibuat lebih rigid, suspense disetel ulang, dan kaliper remnya pun lebih besar.

“Dengan tenaga besar, datanglah responsivitas yang besar,” kata Yam sedikit memelintir ungkapan terkenal dari film Spider-Man.

Fitur-fitur mewah nan canggih tentunya ada. Seperti layar sentuh 8,8 inci dengan Apple CarPlay serta MINI Navigation System, Wireless Charging, Head-up Display, sistem suara dari Harman Kardon, Panoramic Sunroof.

Lantas, berapakah harganya? John Cooperworks Countryman dibanderol Rp 1.170.000.000 off-the-road dan John Cooperworks Clubman sedikit di bawahnya yakni Rp 1.130.000.000. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar