Honda Tetap Kuasai Beberapa Segmen Meski Penjualan Turun

Berita Otomotif

Honda Tetap Kuasai Beberapa Segmen Meski Penjualan Turun

JAKARTA – PT Honda Prospect Motor (HPM) tutup semester pertama dengan mencatatkan penjualan sebesar 76.694 unit mobil.

Angka tersebut turun jika dibandingkan dengan semester I 2016 dan Semester I 2017. Pada semester I 2016, HPM berhasil menjual sebanyak 109.662 unit sementara semeter I 2017 penjualan mencapai 93.262 unit.

Meski secara umum mengalami penurunan, namun di beberapa segmen penjualan Honda justru meningkat. Sebut saja penjualan Honda Brio Satya dan Honda Brio RS yang berhasil menguasai segmennya masing-masing.

Honda Brio Satya berhasil terjual sebanyak 23.475 unit atau 30% dari total penjualan Honda. Angka tersebut cukup untuk membuat Honda Brio Satya menjadi model terlaris dari Honda di semester I 2018. Penjualan mobil ini naik 22% dibandingkan periode yang sama tahun lalu dan menguasai 20% pangsa pasar LCGC.

Sedangkan Honda Brio RS mencatat penjualan sebanyak 5.887 unit atau naik 11% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Model ini berkontribusi sebesar 8% terhadap total penjualan Honda sekaligus meraih pangsa pasar 33% di segmen City Car.

Model lain memang tidak mengalami peningkatan, namun tidak dapat dipungkiri kontribusinya tidak dapat disepelekan. Sebut saja Honda HR-V 1.5L yang terjual sebanyak 15.339 unit atau mencapai 20% dari total penjualan HPM, serta berhasil menguasai 29% pasar LSUV di Indonesia. Selanjutnya, Honda Mobilio menyumbang penjualan sebanyak 11.718 unit atau mencapai 15% dari total penjualan HPM, serta meraih pangsa pasar sebesar 9% di segmen LMPV.

Sedangkan Honda Jazz mencatat penjualan sebanyak 5.930 unit dan tetap mempertahankan posisinya sebagai market leader di segmen Hatchback dengan pangsa pasar 34%. Honda Civic Hatchback yang terjual 1.390 unit.

Sementara di segmen SUV, Honda CR-V meraih penjualan 5.360 unit, Honda HR-V 1.8L terjual 2.818 unit. Selain itu, Honda BR-V terjual 3.021 unit dengan.

Sementara di kategori Sedan, selama Januari – Juni 2018 Honda Civic menjadi market leader segmen Small Sedan dengan penjualan sebanyak 1.017 unit dan pangsa pasar sebesar 72%. Salah satu mobil sedan lainnya, yakni Honda City juga menjadi market leader di segmen Mini Sedan dengan penjualan sebanyak 487 unit dan pangsa pasar mencapai 67%. Sedangkan Honda Accord di segmen Medium Sedan terjual sebanyak 100 unit.

Produk lainnya yang juga berkontribusi adalah Honda Odyssey sebanyak 131 unit dan Honda Civic Type R sebanyak 21 unit.

“Meskipun pasar di semester pertama tahun ini cukup keras, kami optimis dapat mempertahankan tren positif di semester kedua dengan didukung penyegaran produk serta program penjualan dan purna jual yang akan memberikan nilai lebih bagi konsumen,” tutur Marketing and After Sales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual