Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Meski Harga Murah, Mayoritas Konsumen Wuling Air EV Bukan Pembeli Mobil Pertama

Berita Otomotif

Meski Harga Murah, Mayoritas Konsumen Wuling Air EV Bukan Pembeli Mobil Pertama

JAKARTA – Mobil listrik Wuling Air EV boleh ada di rentang harga mobil murah. Namun, mobil listrik ini belum bisa menggaet banyak pembeli mobil pertama (first car buyer).

Air EV, yang meluncur pada Agustus 2022 di Indonesia, memiliki harga on the road Jakarta Rp238 juta (tipe Standard Range, 200 km) serta Rp295 juta (tipe Long Range, 300 km). Jika ditambahkan dengan charging pile, harga tipe teratas menjadi Rp311 juta.

Rentang harga mobil listrik murni tersebut setara dengan segmen-segmen mobil murah bermesin pembakaran internal (internal combustion engine/ICE)  yang kerap menggaet pembeli mobil pertama. Misalnya saja Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander,  dan lain-lain.

Meski begitu, menurut Brand and Marketing Director PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia Dian Asmahani, mayoritas konsumen Air EV adalah pembeli mobil kedua (second car buyer) atau pembeli mobil tambahan (additional car buyer).

mobil listrik murah Wuling Air EV

“Kalau kami lihat, kebanyakan (konsumen Air EV) ini adalah second car buyer. Orang yang sebenarnya memakainya untuk mobilitas perkotaan, daily commuter sehari-hari,” ucapnya menjawab pertanyaan Mobil123.com usai peluncuran Wuling Almaz hybrid pada 3 November 2022 di Jakarta.

Dian tidak memaparkan berapa besar komposisi pembeli mobil pertama dengan pembeli mobil tambahan untuk Air EV. Ia hanya mengatakan 'hampir seluruhnya’.

“Tapi, tidak menutup kemungkinan ada first car buyer juga, untuk orang yang ingin mobil pertamanya untuk mobilitas perkotaan. Ada juga sebenarnya profil konsumen yang seperti itu,” tukasnya.

mobil listrik murah Wuling Air EV

Surat Pemesanan Kendaraan (Air EV) sejauh ini sudah lebih dari 5.000 unit. Ketika diwawancarai, Dian mengklaim sebanyak sekitar 2.800 unit di antaranya sudah didistribusikan kepada konsumen.

Inden Air EV sementara ini, menurutnya, paling lama dua bulan. Pabrik Wuling di Cikarang, Bekasi sudah menambah lagi kapasitas untuk memproduksi mobil listrik mungil tersebut.

“Pada bulan pertama (September) kami mengirim 800 unit. Kemarin, kami mengirim 1.800 unit. Bulan ini nanti kita lihat lagi seperti apa. Pastinya meningkat lagi,” tandas Dian.

Air EV, meski berukuran mungil, cukup lega untuk menampung empat orang dewasa. Namun, jika ingin memiliki bagasi, salah satu atau kedua jok kursi belakang mesti dilipat.

Fitur-fiturnya sendiri antara lain Wuling Indonesian Command (WIND) serta Internet of Vehicle (IoV). Terdapat pula Electric Parking Brake, Hill Start Assist, dan tiga Mode Berkendara. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil Wuling baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang