Mesin Tanpa Kem Garapan Koenisegg dan Qoros Tampil di Guangzhou

Berita Otomotif

Mesin Tanpa Kem Garapan Koenisegg dan Qoros Tampil di Guangzhou

GUANGZHOU – Koenisegg Freevalve bekerjasama dengan Qoros Auto untuk mengembangkan mesin tanpa kem beberapa bulan belakangan ini.

Kini teknologi hasil kolaborasi dua manufaktur tersebut dihadirkan di Guangzhou Motor Show 2016. Teknologi Pneumatic-Hydraulic-Electric-Actuator ini menanggalkan perangkat kem tradisional. Teknologi ini menjadi mesin produksi masal pertama di dunia yang tidak menggunakan kem pada mesin.

Dijelaskan pihak Koenisegg, mesin tanpa kem tersebut memiliki kapasitas 1,6-liter turbocharged. Dapur pacu ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 230 hp dan torsi 320 nm. Mesin ini diklaim menawarkan 47 persen tenaga dan 45 persen torsi yang lebih baik dari mesin konvensional.

Hebatnya lagi teknologi pada mesin tanpa kem ini berhasil memangkas 15 persen penggunaan bahan bakar. Lebih jauh sumber tenaga kendaraan ini memiliki bobot cukup ringan dengan bentuk yang lebih kompak. Terlebih biaya untuk memproduksi mesin jenis ini menguntungkan bagi manufaktur karena lebih murah.

“Teknologi FreeValve telah diuji dan diperbaiki selama bertahun-tahun. Akan tetapi hasil akhirnya sangat memuaskan bagi kami. Mesin jenis ini membuat Qoros dapat memangkas biaya, bobot dan emisi dari kendaraan. Mesin ini juga lebih kencang 50 persen dari mesin konvensional,” ujar Urban Carlson, CEO FreeValve B.

Mesin tanpa kem ini disematkan pada Qoros berjenis hatchback yakni Qoros 3. Manufaktur asal China ini juga tengah mengembangkan teknologi terbaru tersebut pada kendaraan komersil. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123       
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual