Mesin Suzuki Celerio akan Menggunakan Komponen Lokal

Berita Otomotif

Mesin Suzuki Celerio akan Menggunakan Komponen Lokal

BOGOR - Mesin Suzuki Celerio akan menggunakan komponen lokal yang dapat dilakukan secara bertahap. Sebab Suzuki Celerio mengandalkan mesin K10B 3-silinder DOHC berkapasitas 998 cc yang juga digunakan pada Suzuki Karimun Wagon R.

"Mesin Celerio dan Karimun Wagon R sama yakni kode K10B. Saat ini mesin pada Celerio masih impor dari Thailand. Lalu kenapa tidak kita samakan komponennya dengan mesin Karimun Wagon R yang jelas-jelas sudah menggunakan komponen lokal," kata Dony Saputra, selaku Head of 4W Product Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Eco Park Sentul City, Bogor, Jawa Barat, Kamis (11/5/2015).

Dony menjelaskan dengan menggunakan komponen lokal, maka akan mengurangi beban biaya. Untuk tahap awal komponen lokal yang akan digunakan pada mesin Celerio adalah kampas kopling, setidaknya paling cepat awal tahun 2016.

Saat ini PT SIS masih ada beberapa pembahasan yang masih dilakukan di internal PT SIS terkait kandungan komponen lokal yang harus dipenuhi ini.

Dony menjelaskan pemakaian komponen lokal ini akan memperlihatkan keseriusan prinsipal Suzuki untuk mengarungi pasar otomotif nasional segmen city car. Di sisi lain penggunaan komponen dalam negeri tersebut sebagai lanjutan investasi di sektor komponen.

"Sudah kewajiban kita untuk memajukan industri otomotif lokal. Maka dari itu kami lakukan ini, dan akan dilakukan secara bertahap," ucapnya. [Ikh/Idr]

Temukan motor idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual